Dimekarkan Jadi Dua Koperasi

KPRI Terjamin dan KPRI Mitra Sejahtera Maju Bersama


Kamis, 10 Maret 2016 - 04:19:01 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN — Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Terjamin Sitiung, Kecamatan Sitiung, Dharmasraya yang dibentuk tahun 2003, terus maju dan menjadi salah satu koperasi terbaik di kabupaten itu.

Koperasi yang berkantor di Jalan Poros Koto Agung, Desa Sungai Duo, Kecamatan Sitiung ini memiliki 302 ang­gota yang terdiri dari guru/kepala sekolah, karyawan UPTD Pendidikan pra­seko­lah dan SD Keca­matan Si­tiung dan Timpeh.

Selain menjalankan unit simpan pinjam, mempunyai kantor sendiri, koperasi ini juga membuka dua unit wa­rung serba ada (Waserda), tetapi dikontrakkan kepada pihak ketiga. Nilai asetnya pada akhir Desember 2014 sebesar Rp5,7 miliar, naik dibandingkan saat pemekaran dari KPRI Batang Hari hanya Rp740 juta.

Pada tahun buku 2015, koperasi ini mampu mem­be­rikan pinjaman maksimal ke­pada anggotanya sebesar Rp­200 juta, dengan bunga 10,92 persen per tahun, dilunasi dalam jangka waktu tujuh tahun.  Selama tahun 2015, nilai volume usaha koperasi ini mencapai Rp4,8 miliar.

Peningkatan volume usa­ha juga diikuti dengan pening­katan pendapatan, yang mua­ra­nya ikut menggenjot sisa hasil usaha (SHU). Ketua KPRI Terjamin, H. Anshari kepada Haluan, Selasa (8/3), SHU meningkat tajam dari Rp150 juta tahun 2014 men­jadi Rp366 juta di tahun 2015.

Sesuai kesepakatan, jelas Anshari, dalam usia 13 tahun, atau memasuki tahun 2016, pengurus memekarkan kope­rasi ini dengan membuka koperasi baru, yakni KPRI Mitra Sejahtera yang berkan­tor di Timpeh.

Anggota KPRI Mitra Se­jah­tera sebanyak 97 orang, semuanya berasal dari ang­go­ta KPRI Terjamin. Pengurus koperasi ini periode 2016-2019 yakni, Khaidir (Ketua), H. Parjana (Wakil Ketua), Suwardiman (Sekretaris), Winardi (Wakil sektretaris), dan Rajiman (Bendahara).

Sementara di tubuh KPRI Ter­jamin, juga terjadi peru­ba­han pengurus, yakni Suhai­bah (Ke­tua), Joni Putera Derita (Wa­kil Ketua), Sri Puji Su­santi (Sekretaris), Mudhar­sih (Wakil Sekretaris), Mar­ti­ni (Bendahara), dan H. An­shari (Ketua Badan Penga­was).

Menurut Anshari, peme­ka­ran ini dilakukan karena anggota KPRI Terjamin ba­nyak berdomisili di Timpeh. Begitu pula sekolah tempat mereka mengajar. Di Timpeh ada 11 sekolah dan di Sitiung 20 sekolah. Kantor di Timpeh sudah dibangun.

“Dengan dibentuknya ko­pe­rasi baru di Timpeh, akan memudahkan anggota yang berdomisili di sana, baik sebagai guru maupun sebagai anggota koperasi,” ujar An­shari. Dengan demikian, ang­gota KPRI Terjamin awal tahun 2016 hanya tinggal 207 orang. Namun, kegiatan usaha tetap berjalan seperti biasa.

Anshari menjelaskan, KP­RI Terjamin awalnya juga berasal dari KPRI Batanghari yang berkantor di Pulau Pun­jung. Karena jarak tempuh yang cukup jauh—Pulau Pun­jung- Sitiung sekitar 25 km— lalu KPRI Batanghari dime­karkan, lalu dibentuk KPRI Terjamin, berkantor di  Jalan Po­ros Koto Agung, Desa Su­ngai Duo, Kecamatan Si­ti­ung.

“Awal berdirinya koperasi ini beranggotakan 230 orang, terdiri dari warga tempatan dan transmigran asal Pulau Jawa. Jumlah anggota dari suku Jawa dan Minang itu seimbang. Makanya diberi nama Terjamin, kependekan dari Terdiri dari Jawa Minang. Simpanan pokok koperasi ini Rp50.000, simpanan wajib Rp50.000. Digerakkan de­ngan modal awal sebesar Rp400 juta lebih, sebagai modal unit usaha simpan pinjam,” ungkanya.

Berkat keserasian pengu­rus dan anggota lalu didu­kung oleh pemerintah se­tem­pat, kata Anshari, ang­go­ta kope­rasi yang berasal dari dua suku itu menyatu da­lam wadah KPRI Terja­min. Memasuki tahun 2016, KPRI Terjamin dibelah lagi menjadi dua.

“Mudah-mudahan kedua­nya terus maju dan menjadi koperasi yang kuat dan man­diri,” harapnya. (h/rb)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:26:00 WIB

    KPRI Kantor Gubernur Sumbar Makin Diminati

    PADANG, HALUAN — Koperasi Pegawai RI Unit Korpri Kantor Gubernur Sumatera Barat (KPRI-UKG­­SB) mengundi hadiah yang diberikan kepada ang­gota koperasi itu di guber­nuran, Jumat (12/8). Widyan Ningrum, Pegawai Negeri Sip.
  • Kamis, 07 April 2016 - 02:58:42 WIB

    KPRI Kogussel Kab. Solok Paantok Tangih Anggota

    KPRI Kogussel Kab. Solok Paantok Tangih Anggota SOLOK, HALUAN — Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kogussel adalah salah satu koperasi terbaik di Kabupaten Solok. Koperasi yang berkantor di Jl. Raya Koto Baru, Kecamatan Kubung ini, mempunyai anggota 451 orang hin.
  • Kamis, 31 Maret 2016 - 04:03:21 WIB
    Selama 2015

    KPRI Kemenag Kota Solok Salurkan Pinjaman Rp2 M

    KOTA SOLOK, HALUAN — Kepercayaan anggota ter­ha­dap pengurus dan kepiawaian pengurus mengelola usaha dan administrasi sangat me­nen­tukan kemajuan koperasi. Hal inilah yang dibuktikan oleh Koperasi Pegawai Repu­blik In.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM