Tak Bermuatan Edukasi

KPI: Media Kini Berorientasi Laba


Jumat, 11 Maret 2016 - 03:42:19 WIB
KPI: Media Kini Berorientasi Laba Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menerima cenderamata dari Ketua KPI Pusat, Judhariksawan dalam acara Literasi Media KPI di Hotel Bumiminang Kamis, (10/3) siang. (HUMAS)

PADANG, HALUAN — Ko­misi Penyiaran Indonesia (KPI) menilai media saat ini sudah menjadi sarana industri sehingga berorientasi kepada laba atau profit. Akibatnya pembuatan prog­ram dan tayangan tv ti­dak bermuatan edukasi akan te­tapi lebih mengejar rating. Demikian dikatakan Ketua KPI Pusat, Judhariksawan kepada media Kamis, (10/3) di Hotel Bumiminang Pa­dang.

Juddhariksawan dalam acara ‘Literasi Media KPI’ tersebut mengatakan, banyak tayangan saat ini tidak lagi memperhatikan segmen anak-anak dan remaja dengan muatan edukatif.

Baca Juga : Wujudkan GCG, Perumda AM Kota Padang Kunjungi BPKP Sumbar

Meski demikian, pihak KPI terus melakukan penga­wasan terhadap siaran-siaran yang dianggap tidak edukatif dan tidak layak konsumsi anak dan remaja.

“KPI salama ini bertugas untuk melakukan penga­wa­santerhadap siaran yang tidak layak. Dan juga telah mem­berikan teguran ke­pada me­dia tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga : Ditinggal Pasangannya Mahyeldi, Hendri Septa: Selamat Bertugas Pak Gubernur!

Namun kata Judha­riksa­wan, KPI masih saja terbentur dengan belum adanya un­dang-undang yang dapat me­ngatur persentase tayangan yang seharusnya dimuat suatu media dalam setiap taya­ngannya.

“Seperti pendidikan harus sekian persen, hiburan harus sekian persen dan unsur lain­nya. Karena belum ada payung hukum yang jelas untuk hal tersebut,” tuturnya.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Kamis 25 Februari 2021

Terkait dengan pelang­garan kata Judhariksawa, pelanggaran yang sering dite­gur KPI yaitu pada masalah kekerasan, pornografi dan eksploitasi anak.

“Namun, tahun ini sudah agak berkurang dengan te­guran dan pengawasan dari KPI,” ungkapnya.

Baca Juga : Pemko Padang Terima CSR Ambulance dan Mobil Operasional dari Bank Nagari Guna Tingkatkan Layanan Kesehatan

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno me­ngatakan, yang menjadi kon­trol siaran tv bagi anak-anak dan remaja yaitu lebih diu­tamakan peran orang tua. (h/isr)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]