Wagub Sosialisasi Perda

Dana CSR Jangan Diberikan pada Orang Bagak


Jumat, 11 Maret 2016 - 03:47:14 WIB
Dana CSR Jangan Diberikan pada Orang Bagak KEPALA Biro Humas PTSP, Iskandar Z. Lubis memaparkan program CSR PT Semen Padang dengan motto Basamo Mambangun Nagari saat sosialisasi Perda No.7 tahun 2015 di Hotel Pangeran Beach Padang, kemarin.

PADANG, HALUAN — Pemprov Sumbar mengajak seluruh perusahaan BUMN, BUMD dan Swasta agar dapat menyalurkan dana Corporate Social Responsibility  (CSR) sesuai dengan yang membutuhkan. Pe­rusahaan  hendaknya dapat memperhatikan masyarakat sekitarnya.

Hal itu disampaikan Wa­­­kil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dalam kegiatan sosialisasi Peraturan Da­erah (Perda) Nomor 7/2015 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Peru­sahaan di Hotel Pangeran Beach, Kamis (10/3) siang.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 26 Februari 2021

“Dengan Perda itu nanti­nya, menjadi landasan hu­kum terkait koordinasi pen­ya­luran dana CSR bagi se­luruh peru­sahaan yang ada di Sumbar. Kami mengim­bau pada se­luruh perusaha­an BUMN, BUMD dan Swasta agar dapat menya­lur­k­an dana CSR nya sesuai dengan yang mem­butuhkan, jangan di­beri­kan pada orang bagak, kalau orang bagak nanti dibelikan minuman,” katanya.

Dilanjutkannya peru­sahaan hendaknya dapat memperhatikan masyarakat sekitarnya, terutama ber­gerak di daerah mana peru­sahaannya berada. “Perusa­haan itu harus peduli dengan itu, mengkoordinasikan dengan program peme­rin­tah daerah,” ujarnya.

Baca Juga : Sosok Pengusaha Batu Bara Perempuan Asal Sumbar, Mulai Bisnis dari Umur 18 Tahun

Wagub juga me­nawarkan bagi perusahaan untuk men­sinergikan program CSR dengan pemerintah.

Untuk melaksanakan program tersebut, usai so­sia­lisasi Pemprov Sumbar juga akan mendata semua peru­sahaan di Sumbar. Ter­ma­suk komitmen peru­sahaan tersebut memilih sektor mana yang akan dipilih.

Baca Juga : Wujudkan GCG, Perumda AM Kota Padang Kunjungi BPKP Sumbar

“Nanti akan ada per­nyata­an komitmen dimana dia bersedia, targetnya se­mua­nya selesai didata pada 2016, kemudian pada 2017 telah selesai,” terangnya.

Penyaluran dana CSR yang tertata dan dilaporkan dengan baik saat ini baru PT Semen Padang. Untuk itu, PT Semen Padang nantinya juga dapat membantu bagi yang tidak terbantu oleh perusahaan lainnya.

Baca Juga : Ditinggal Pasangannya Mahyeldi, Hendri Septa: Selamat Bertugas Pak Gubernur!

Kepala Biro Humas PT Semen Padang Sumbar, Is­kan­dar Zulkarnain Lubis mengakui lahirnya Perda Nomor 7/2015 sangat po­sitif. Apalagi dalam penyu­sunan Perda tersebut telah melibatkan perusahaan.

“Ini sangat positif, de­ngan ini penyaluran dana CSR akan lebih merata. Jika sebelumnya hanya ter­fokus pada satu tempat, kedepan akan lebih ter­sebar,” jelasnya.

Koor­di­nasi pemerintah dengan perusahaan nantinya dapat melalui pro­gram, revitalisasi Posyandu oleh pemerintah. Kemudian di­du­kung oleh perusahaan dalam pemberian makanan tambahan, atau bisa juga dengan program perusahaan digantikan/menggantikan program pemerintah. Se­per­ti, pembatalan pr­o­gram yang telah diren­cana­kan peru­saha­an yang ter­nyata telah diren­cana­kan dalam program pe­merintah. (h/isr)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]