Tak Punya Ijazah Sarjana, Ribuan PNS Sumbar Resah


Jumat, 11 Maret 2016 - 03:49:00 WIB
Tak Punya Ijazah Sarjana, Ribuan PNS Sumbar Resah

PADANG, HALUAN – Kebijakan pusat yang akan merasionalisasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) non-sarjana diyakini akan melikuidasi ribuan pegawai di Sumbar. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar mencatat ada sekitar 3.139 Pegawai Negeri Sipil (PNS) bermodalkan ijazah SD, SMP, dan SMA.

Sesuai dengan rencana pusat, PNS Pemprov Sumbar itu akan dipen­siunkan lebih awal. Dari catatan BKD dari 3.139 diantaranya, 2.817 ASN berlatar belakang SMA, 177 orang SMP dan 145 orang SD.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Kamis 25 Februari 2021

Salah seorang PNS tamatan SMA di lingkungan Pemprov Sumbar yang tak ingin disebutkan namanya me­ngaku cemas dan kuatir apabila rasio­nalisasi ini benar dilakukan. Mengi­ngat tidak ada pekerjaan lain yang nantinya akan dilakukan setelah pensiun. 

“Apa benar informasi pemang­kasan PNS ini, kalau iya saya cukup cemas juga,” katanya.

Baca Juga : Pemko Padang Terima CSR Ambulance dan Mobil Operasional dari Bank Nagari Guna Tingkatkan Layanan Kesehatan

Sebelumnya, Kepala BKD Sum­bar, Jayadisman mengatakan, Peme­rintah Sumbar masih membutuhkan setidaknya 1.250 orang PNS. Usulan ini pun telah dikirim semenjak tahun 2015 lalu. ”Namun, karena mora­torium kita masih menunggu usulan ini untuk dikabulkan,” katanya.

Untuk kekurangan PNS saat ini pada bidang administrasi mengingat akan ada pensiun besar-besaran pada 2017 mendatang. Sementara untuk tenaga guru itu sudah berlebih apalagi seiring dengan penarikan kewe­nangan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) dari kabu­paten/kota ke provinsi.

Baca Juga : Belajar Billing Sistem, Perumda AM Kota Padang Disambangi Direksi PDAM Muaro Tebo

“Saat ini kita sedang memikirkan untuk gaji guru yang nantinya sudah menjadi ASN provinsi. Jadi, untuk jalur lainnya kita tunggu saja regulasi, karena kalau masih dipaksakan untuk menambah pegawai, gajinya dari mana,”  katanya.

Jayadisman menambahkan, tahun ini belum ada informasi tertulis dari Kemenpan RB untuk pembukaan seleksi Calon Pega­wai Negeri Sipil (CPNS).

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Rabu 24 Februari 2021

“Kalau ada informasi yang menyebutkan ada pembukaan CPNS itu infor­masi bodong, karena belum ada satu pun state­men resmi dari pusat tentang hal itu,” ujarnya.

Selama ini untuk menutupi kekurangan PNS di lingkungan Pemprov Sumbar, BKD mela­kukan redistribusi pegawai. Dimana pegawai di satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) didistrisbusikan ke SKPD yang kekurangan pegawai. (h/isr)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]