Bupati Instruksikan Laksanakan Pendidikan Gratis


Jumat, 11 Maret 2016 - 10:08:55 WIB
Bupati Instruksikan Laksanakan Pendidikan Gratis

DHARMASRAYA, HALUAN — Sepertinya sekolah gratis yang diidam-idamkan oleh masyarakat banyak akan ter­kabul. Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyetujui pelaksanaan seko­lah gratis di daerah ini dan menginstruksikan Dinas Pen­di­dikan mempersiapkan diri.

“Cukup kok dana pe­me­rint­ah ini untuk membiayai pendidikan gratis. Saya sudah melihat dan mempelajari pola pendidikan gratis di beberapa daerah, ternyata bisa dilak­sanakan. Malah kalau dihitung hitung beban anggaran daerah lain itu jauh lebih sulit diban­ding Dharmasraya,” kata bu­pati yang juga Rajo Koto Besar itu, kepada wartawan, kemarin.

Baca Juga : Positif Corona di Sumbar Bertambah 87 Orang, Total 29.467 Kasus

Pada prinsipnya, bupati berdarah biru itu me­ngingin­kan tidak ada lagi pungutan apapun, terutama untuk alasan membayar gaji guru non PNS yang dilakukan oleh komite sekolah.

Dengan demikian, jajaran dinas yang dipimpin Drs Prih Handoko itu harus punya data riil berapa jumlah guru, berapa kekurangannya, berapa yang PNS dan berapa yang dibiayai dengan dana komite sekolah.

Baca Juga : Deklarasi Tolak KLB, Tegaskan Demokrat Solid dan Tegak Lurus dengan AHY

“Dengan demikian menjadi jelas berapa kebutuhan dana untuk membiayai kekurangan guru ini. Jika sudah diketahui, langkah berikutnya adalah melakukan efisiensi peng­guna­an dana bantuan operasional sekolah (BOS),” ucap Sutan Riska.

Bupati termuda se-nu­san­tara ini juga meminta, agar kebutuhan biaya pendidikan bisa ditanggung oleh dana APBN, APBD dan bahkan jika memungkinkan bisa meli­bat­kan perusahaan swasta melalui CSR mereka.

Baca Juga : Kunjungan ke BLK Padang, Wagub Audy: Ini Menakjubkan Sekali!

Kuncinya, menurut politisi PDI-P itu adalah kerja keras dan niat baik semua pihak, baik para pengelola sekolah, komite sekolah, dewan pen­didikan termasuk para pe­ngam­bil keputusan di jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga sendiri. Jika daerah lain bisa mengapa di Dharmasraya yang merupakan kabupaten gemah ripah loh jinawi malah belum juga bisa menggratiskan sekolah.

“Jadi instruksi saya itu tidak sulit dilakukan,” katanya tegas.

Baca Juga : Putra-Putri Terbaik di Indonesia Siapkan Diri, Penerimaan Polri Segera Dibuka

Dalam waktu enam bulan ini, pelaksanaan instruksi bu­pati betul betul menjadi ujian bagi komitmen para kepala SKPD di lingkungan Pemkab Dhar­mas­raya. Jika tidak, maka bupati sudah menyiapkan ju­rus langkah seribu untuk me­wu­jud­kan pen­didikan gratis. “Per­lihatkan dulu kinerja. Nanti saya tunjukkan caranya,” ujar bupati sambil tersenyum. (h/mdi)

 

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]