Bamus Nagari Dilantik Bupati Termuda


Jumat, 11 Maret 2016 - 14:32:33 WIB
Bamus Nagari Dilantik Bupati Termuda Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, melantik 27 orang anggota Bamus dari tiga nagari se Kecamatan Sitiung, di GPU Sitiung, Kamis (10/3). Sutan Riska mefrupakan Bupati termuda di Indonesia saat ini. (MARYADI) ?

DHARMASRAYA, HALUAN — Sebanyak 27 orang anggota Badan Musyawarah (Bamus) tiga nagari dari empat nagari se Kecamatan Sitiung, dilantik oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Kamis (10/3), di gedung Pertemuan Umum (GPU) Sitiung.

Acara yang dihadiri oleh Ka­polres Dharmasraya AK­BP. Lalu Iwan Mu­ham­mad Mahardan, Kajari Pulau Pun­jung, Harjo,SH, Tokoh Ma­sya­rakat H.Zubir Sutan Ba­gindo, Kepala SKPD, camat serta tamu undangan lainnya itu berjalan cukup hikmat, pasalnya yang melantik ada­lah bupati termuda sejagad nusantara dan belum lama di dapuk menjadi bupati.

Baca Juga : SKB 3 Menteri Terkait Pemakaian Seragam siswa Perlu Ditinjau Ulang

  Ketua Panitia Pelantikan Bamus, Syarifuddin, yang juga Walinagari Sitiung, menga­takan, pelantikan anggota Bamus Nagari dari tiga nagari saja dari empat nagari yang ada di Kecamatan Sitiung, sebanyak 27 orang. Setiap nagari terdiri dari sembilan orang anggota yang mewakili unsur niniak mamak, pemu­da, alim ulama, bundo kan­du­ang serta kaum cendikia­wan.

Yang mana kata Syari­fuddin yang akan menca­lonkan diri lagi menjadi Wali­nagari Sitiung itu, pemilihan dilaksanakan di nagari ma­sing masing berdasarkan atu­ran yang sudah ada.

Baca Juga : Jangan Ikuti! Iblis Penebar Hoaks Pertama

Ia mewakili walinagari berharap agar Bamus yang sudah dilantik dapat beker­jasama dengan walinagari sesuai dengan tugas masing masing yang mana tujuannya adalah untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di nagari.

Bupati Dharmasraya Su­tan Riska Tuanku Kerajaan dalam sambutannya me­nga­takan, kepada anggota Bamus Nagari yang baru saja dilantik dapat bekerjasama dengan walinagari dan mengawasi kinerja walinagari, karena Bamus merupakan perwa­kilan masyarakat di nagari.

Baca Juga : Surau Inyiak Djambek, Warisan Gerakan Pembaruan Pemikiran Islam

  Kemudian bupati muda itu juga berharap Bamus ber­sama walinagari dapat mela­hirkan peraturan nagari atau Pernag yang mana tujuannya adalah untuk membantu ma­sya­rakat dan bukan untuk mempersulit masyarakat di nagari.”Pernag yang dila­hirkan hendaknya pro ter­hadap masyarakat dan bukan untuk mempersulita ma­sya­rakat,”imbuhnya.

Begitu pula ia juga me­ngi­ngatkan agar pelayanan di pemerintahan nagari dapat terus ditingkatkan, sesuai dengan visi misi bupati dan wakil bupati kedepan, karena ia sudah memulai hal itu seperti pada pelayanan di Disdukcapil tidak ada lagi urusan yang membayar, begi­tu pula kedepannya juga akan diberikan yang terbaik dibi­dang pendidikan seperti pen­didikan benar benar gratis seperti tidak ada lagi pungutan apapun namanya.

Baca Juga : Prabowo dan Habib Rizieq

Ia mengajak seluruh ma­sya­­rakat yang hadir agar dapat mem­bantu bupati dan wabup da­lam menjalankan tugas li­ma tahun kedepan untuk me­nga­rah kepada perubahan yang lebih baik. Ia juga mengi­ngat­kan bah­wa Oktober men­da­tang pemi­lihan walinagari (Pi­lawana) serentak, untuk itu per­lu per­sia­pan dari segala bi­dang agar pelaksanaan Pila­wan ber­jalan dengan baik. (h/mdi)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 Februari 2021 - 14:07:37 WIB

    SKB 3 Menteri Terkait Pemakaian Seragam siswa Perlu Ditinjau Ulang

    SKB 3 Menteri Terkait Pemakaian Seragam  siswa Perlu Ditinjau Ulang Ternyata persoalan pemakaian jilbab bagi siswi Non Muslim di SMKN 2 Padang,  belum berakhir. Pemberitaannya hiruk pikuk dan viral  diperbincangkan secara nasional dalam dunia pendidikan. Sampai Mendikbud terpancing angkat b.
  • Kamis, 04 Februari 2021 - 14:45:37 WIB

    Jangan Ikuti! Iblis Penebar Hoaks Pertama

    Jangan Ikuti!  Iblis Penebar Hoaks Pertama Kita barangkali akrab dengan cerita Nabi Adam ‘alaihissalam diciptakan oleh Allah SWT sebagai khalifah. Melalui anugerah ilmu, Allah memuliakan Nabi Adam di atas malaikat dan iblis..
  • Senin, 01 Februari 2021 - 16:58:52 WIB

    Surau Inyiak Djambek, Warisan Gerakan Pembaruan Pemikiran Islam

    Surau Inyiak Djambek, Warisan Gerakan Pembaruan Pemikiran Islam Syekh Muhammad Djamil Djambek adalah ulama pelopor pembaruan Islam dari Sumatra Barat awal abad ke-20, dilahirkan pada tahun 1860 di Bukittinggi, terkenal sebagai ahli ilmu falak terkemuka..
  • Senin, 04 Januari 2021 - 09:37:20 WIB

    Prabowo dan Habib Rizieq

    Prabowo dan Habib Rizieq Partai Gerindra sungguh seperti berkayuh di antara dua karang dalam bersikap terhadap kasus yang dialami Habib Rizieq Sihab (HRS), Ormas dan pengikutnya sekarang ini. .
  • Kamis, 31 Desember 2020 - 20:46:02 WIB

    Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam

    Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam TAHUN 2020 segera akan berakhir. Tahun 2021 segera akan tiba. "Selamat tinggal tahun 2020. Selamat tinggal tahun kelam. Selamat tinggal tahun yang penuh dengan kepahitan hidup. .
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]