Suir Syam

Perokok Berat yang Kini Antirokok


Sabtu, 12 Maret 2016 - 01:22:32 WIB
Perokok Berat yang Kini Antirokok

Berhenti merokok, memang terasa sulit bagi yang sudah kecanduan nikotin. Mantan Walikota Padang Panjang dr H Suir Syam sebagai perintis Perda larangan me­rokok di kota yang pernah dipimpinnya men­ce­rita­kan, meski dia sebagai seorang dokter yang sudah tahu akan bahaya rokok, namun dia ter­catat se­ba­gai seorang pe­rokok berat dan sempat pula dijuluki “induak ke­re­ta api”.

Dalam sehari dia menghabiskan 2 sampai 3 bungkus ro­kok.  Begitu benar jika sudah “mencandu” dengan nikotin yang terkandung dalam tembakau.

Baca Juga : Akhir Pekan, Film Raya anda The Last Dragon Tayang di Bioskop Kota Padang

Secara berangsur dia mulai merasakan bahaya rokok, napasnya berbunyi, suka payah saat berjalan. Sadar akan bahaya itu dirinya mulai mengurangi menghisap rokok, dan  menggantinya dengan mengon­sumsi permen atau gula-gula.

“Akhirnya saya bisa berhenti secara total,” katanya kepada Haluan, pada suatu kesempatan.

Baca Juga : Profil Moeldoko, Dulu Panglima TNI Pilihan SBY, Kini Ketum Demokrat Kubu Kontra AHY

Saat terpilih sebagai “orang nomor satu di kota kelahirannya Padang Panjang, Suir Syam ber­tekad ingin menjadikan kotanya “kota sehat” yang diawali dengan membangun sebuah rumah sakit umum berkelas internasional.

Sejalan dengan itu di­canangkan­nya pula kawasan tertib rokok. Kini manfaatnya mulai terasa. Salah satu adalah semakin menurunnya kun­jung­an pasien ke rumah sakit karena secara berangsur kesehatan masyarakat sudah berangsur mem­baik, lantaran tidak banyak lagi yang merokok.

Baca Juga : Sule Terbaring Lemah dengan Infus di Tangannya, Sakit Apa? 

Gerakan bebas asap rokok yang dicanangkan anggota DPR-RI dari Partai Gerindra itu ternyata me­narik perhatian dunia. Tak heran jika banyak yang datang ke Kota Padang Panjang untuk belajar tentang bahaya asap rokok tersebut.

Bahkan Suir Syam sering diun­dang di berbagai belahan dunia untuk menjadi pembicara tentang rokok. (h/one)

Baca Juga : Belum Lama Bercerai dari Laudya Cynthia Bella, Engku Emran Sudah Tunangan Lagi

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]