UPT Puskesmas Kebun Sikolos Sediakan Klinik Totok Rokok


Sabtu, 12 Maret 2016 - 01:25:06 WIB
UPT Puskesmas Kebun Sikolos Sediakan Klinik Totok Rokok

SEHAT adalah dambaan semua orang. Untuk mewujudkannya diperlukan kesadaran dan ketersediaan sarana pendukungnya. Diantaranya adalah rumah sakit atau puskesmas.

Di Kota Padang Panjang yang dijuluki kota sehat, tersedia sebuah rumah sakit umum daerah dan 8 unit UPT Puskesmas.  Salah satu diantaranya adalah Puskesmas Kebun Sikolos.

Baca Juga : Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

Puskesmas Kebun Sikolos memiliki beberapa program kegiatan yang tidak dimiliki oleh puskesmas lain. Diantaranya ketersediaan Klinik Totok Rokok, senam lansia dan menyediakan ruang bermain anak, disamping melayani pasien yang rata-rata sehari dikunjungi sekitar 100 pasien dengan berbagai keluhan penyakit.

Menurut Pimpinan Puskesmas Kebun Sikolos Epi Poli, di Puskesmas yang dipimpinnya antara lain melayani pasien penyakit tidak menular/kronis degeneratif seperti diabetes,  darah tinggi dan penyakit ispa, diare.

Baca Juga : Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

“Puskesmas Kebun Sikolos juga melayani pasien rujukan BPJS,” katanya.

Puskesmas Kebun Sikolos memiliki 3 dokter umum,  1 orang dokter gigi, bidan dan perawat yang berjumlah sebanyak 42 orang termasuk diantaranya pegawai administrasi.

Baca Juga : Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

Hanya saja, kata Epi Poli,  Puskesmas Kebun Sikolos belum memiliki lahan parkir yang memadai sehingga pengunjung terpaksa menumpang parkir kendaraan di halaman Kantor Pegadaian yang berada di depan Puskesmas.

Dia berharap agar lahan yang ada di samping Puskesmas dapat dijadikan lokasi parkir sekaligus dapat pula dipakai untuk pelaksanaan senam lansia.

Baca Juga : Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

Klinik Totok Rokok

Sebagai kota yang telah mencanangkan “kota bebas rokok dan kota sehat” melalui Perda No 8 tahun 2009, tentang kawasan tanpa asap rokok dan kawasan tertib rokok, pemerintah kota Padang Panjang terus berupaya agar semua warganya berhenti merokok.

Semua kantor, sekolah sekolah, layanan umum dipasangi papan yang betuliskan “Kawasan bebas asap rokok dan larangan merokok”. Di kantor-kantor umumnya tak lagi menyediakan asbak di mejanya. Para tamu dari luar yang datang  ke kantor-kantor tersebut akan merasa malu jika merokok.

Pemerintah kota Serambi Mekkah juga rela kehilangan puluhan juta rupiah akibat adanya larangan iklan rokok di kotanya.

Upaya-upaya itu belum selesai. Kini di UPT Puskesmas Kebun Sikolos telah menghadirkan  pula “Klinik Totok Rokok”.

Klinik Totok Rokok ini disediakan bagi masyarakat yang sudah ingin meninggalkan kebiasaan merokok karena mereka sudah tahu akan bahaya asap rokok yang masuk ke paru-paru dan jantung serta akan mengotori darah yang mengalir dalam tubuh.

Para medis di Klinik Totok Rokok akan memberikan penyuluhan kepada pasien akan bahaya rokok dan melakukan pengobatan melalui totok tubuh.

“Alhamdulillah pengobatan ini mulai menunjukkan hasil positif. Bahkan sudah banyak pasien, baik PNS maupun masyarakat, sudah berhenti merokok,” ujar Epi Poli Yunedi menjelaskan.

Sejak berdiri setahun yang lalu, Klinik Totok Rokok banyak menerima tamu dari luar Sumbar. Mereka datang untuk belajar tentang penanganan pasien perokok agar mereka berhenti merokok.

Anton salah seorang PNS di Balaikota mengaku telah berhenti merokok sejak mendapat pengobatan pada Klinik Totok Rokok.

“Saya perokok berat dan sangat sulit berhenti merokok, tapi setelah mengikuti totok rokok, alhamdulillah kini sudah berhenti total merokok. Dampaknya badan mulai gemuk karena makan enak, tidur pun nyenyak,” sebut Anton menyampaikan.

Saat ini, Puskesmas Kebun Sikolos tengah mempersiapkan akreditasi.***

 

Laporan: IWAN DN

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Februari 2021 - 13:33:23 WIB

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab Masyarakat adat di Indonesia memiliki tradisi unik dalam menyambut momen-momen tertentu, salah satunya saat memasuki bulan Rajab..
  • Ahad, 14 Februari 2021 - 16:34:31 WIB

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah Saat ini ada berbagai lembaga di seluruh dunia yang sedang mengupayakan penyelamatan terhadap hewan-hewan langka yang terancam punah. Meski begitu, daftar hewan langka mungkin tak akan habis, karena jumlahnya terus bertambah..
  • Ahad, 07 Februari 2021 - 19:13:51 WIB

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula Menikmati pemandangan bawah laut memiliki kenikmatan dan keasyikan tersendiri. Beraneka ragam kehidupan berseliweran dalam perairan tersebut begitu memikat untuk ditatap dan disingkap kehidupan bawah laut tersebut yang sampai.
  • Senin, 01 Februari 2021 - 22:36:28 WIB

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi Pandemi COVID-19 membawa dampak besar pada dunia pendidikan di Indonesia. Sebagian besar sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online dari rumah..
  • Sabtu, 30 Januari 2021 - 11:17:10 WIB

    Nobody Wants To Be Stupid

    Nobody Wants To Be Stupid Seorang guru menyampaikan dalam rapat. “Kelas saya adalah kelas istimewa”. Mencoba mengangkat posisi , dan semua orang sudah mengira kata istimewa adalah konotasinya positif. Yang terbayang adalah anak-anaknya kreatif, ra.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]