Cara Simpel Atasi Keracunan Makanan Saat Traveling


Sabtu, 12 Maret 2016 - 01:25:56 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Cara Simpel Atasi Keracunan Makanan Saat Traveling

Menjajal aneka makanan saat liburan memang seru. Tapi kalau sampai keracunan ma­kanan, inilah pertolongan per­tama untuk mengatasinya. Mungkin makanannya tidak bersih. Mungkin juga perut ka­mu yang tidak biasa menjajal makanan setempat. Keracunan makanan merupakan salah satu mimpi buruk saat traveling.

Jangan panik, ada langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan. Mulai dari membeli susu murni hingga meminum obat. Disusun detikTravel, Sela­sa (26/1/2016), inilah 6 cara menyelamatkan diri saat kera­cunan makanan:

1. Membeli susu murni

Susu murni merupakan salah satu cara paling mudah dan ampuh untuk menetralisir zat aneh yang ada di tubuh. Mulai dari racun hingga penyakit.

Jadi saat mengetahui kamu keracunan makanan, segeralah membeli susu murni. Usahakan jangan meminum yang dingin.

2. Jika ada, beli air kelapa

Jika kamu kebetulan sedang berada di dekat pantai coba cari warung makan untuk membeli air kelapa murni. Karena air kelapa juga salah satu minuman ampuh menghilangkan racun dalam tubuh.

Minumlah tanpa menambah apapun. Meski kembung, tak apa minum satu buah kelapa. Karena makin banyak air kelapa yang dikonsumsi, semakin mudah racun keluar dari tubuh.

3. Beli bubur tanpa isi

Biasanya, jika sudah kera­cunan, perut tidak bisa menerima makanan yang terlalu beragam. Juga, lambung sedang lelah bekerja karena tengah membuang racun di pencernaan.

Oleh karena itu, usahakan untuk mengkonsumsi bubur tanpa isi. Kalaupun butuh pro­tein, pilihlah daging ayam yang lembut. Bubur yang hangat bisa memudahkan proses pe­ng­gili­ngan makanan di lam­bung. Se­hingga memudahkan proses penyembuhan.

4. Istirahat sementara

Karena biasanya, keracunan makanan membuat kamu lelah. Muntah dan diare merupakan beberapa efek sampingnya. Nah, jangan paksakan untuk tetap berjalan-jalan ya jika masih lemas.

Istirahatlah barang satu hari atau setengah hari untuk me­ngem­balikan tenaga dan kese­hatan. Selama istirahat itu, usahakan untuk mengkonsumsi minuman dan makanan sehat seperti madu, buah dan seje­nisnya. Agar lebih cepat sembuh.

5. Banyak minum air putih

Saat keracunan, alangkah baiknya meminum banyak air putih. Tak apa kembung sedikit, yang penting sembuh lebih cepat. Karena air putih juga dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Minum air putih juga mem­percepat kembalinya sirkulasi tubuh agar menjadi normal.

6. Minum norit

Jika bisa menemukan apotek atau toko obat, belilah norit. Norit adalah obat berupa karbon aktif yang bisa menyerap racun di dalam tubuh.

Saat diare karena keracunan makanan, banyak traveler yang membeli obat diare supaya berhenti diarenya. Padahal, tubuh perlu mengeluarkan ra­cun. Jadi belilah norit, bukan obat untuk menghentikan dia­re.(h/*)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 30 Januari 2016 - 00:53:42 WIB
    Fredrik Tirtosuryo Esoputra

    Mendalami Islam dan Budaya Minang Secara Utuh

    Mendalami  Islam dan Budaya Minang Secara Utuh Fredrik Tirtosuryo Esoputra yang merupakan mualaf turunan tionghoa, sangat paham dengan budaya Minang. Bahkan, memiliki talenta dibidang pendidikan, agama dan budaya..
  • Sabtu, 19 Desember 2015 - 01:35:00 WIB

    Cara Berjalan Pengaruhi Kesehatan

    Cara Berjalan Pengaruhi Kesehatan Hal-hal sederhana yang kita lakukan sehari-hari ternyata sangat mem­pe­ngaruhi kesehatan tubuh, termasuk cara berjalan. Cara yang salah dalam berjalan berpotensi memicu kerusakan postur hingga kesehatan organ tubuh vital se.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM