Siti Izzati Aziz

Agama Fondasi dalam Mendidik Anak


Sabtu, 12 Maret 2016 - 01:34:45 WIB
Agama Fondasi dalam Mendidik Anak SITTI Izzati Aziz bersama suami dan empat jagoannya.

Mendidik anak laki-laki dan perempuan, mempunyai tantangan yang berbeda, dan porsi yang berbeda. Laki-laki adalah pemimpin, imam, makanya harus dipersipkan sejak dini. 

Memiliki empat orang anak laki-laki tentunya ti­dak mudah, namun bagi orang­tua harus bisa berperan dari banyak sisi agar anak-anak bisa lebih terbuka dengan orangtuanya.

Baca Juga : Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

Anggota Komisi I DPRD Sumbar Sitti Izzati Aziz yang juga ibu dari empat orang anak, Ahmad Iqbal Mukhni, Ahmad Isti­qlal Ahlun Nazaq, Ahmad Irsyad Sidiq, dan Ahmad Imron Hidayat. 

Menurutnya, sebagai orang­tua lebih banyak me­ngawasi dan juga tidak me­ngekang anak. Biarkan, ia menjalankan perannya, itu akan melatih anak-anak un­tuk menjadi pemimpin yang kreatif dan bertang­gungjawab atas semua yang ia kerjakan. Peran orangtua adalah, mem­berikan ara­han dan bim­bingan, serta pengawasan terhadap anaknya.

Baca Juga : Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

“Namun demikian, kete­gasan orangtua sangat diper­lukan dalam mendidik anak laki-laki. Anak adalah, anu­gerah bagi sebuah keluarga, tetapi salah langkah dalam mendidiknya bisa-bisa men­jadi musibah bagi se­buah keluarga,” ungkap istri dari Ir. Nurman.

Menurut wanita kela­hiran Padang 6 Desember 1966 ini, agama merupakan bekal yang sangat penting dalam kehidupan, ba­gi laki-laki keimanan ad­alah ben­teng dari segala macam go­daan yang datang. 

Baca Juga : Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

 Sejak anak masih ja­nin di dalam kandungan dengan perdengarkan ayat-ayat Al-Quran, dapat mem­perkenalkan Allah Pencipta Alam Semesta pada anaknya.

Tidak hanya itu, setiap anak akan minum ASI atau makan, mulailah dengan basmalah, akhiri dengan hamdalah. Disaat anak su­dah mulai mengerti, ia juga me­nga­jarkan doa makan, doa mau tidur, doa hendak bepergian, doa masuk WC.

Baca Juga : Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

“Sampai pada saatnya nanti,  anak mulai kami ajarkan sholat dan puasa.  Pendidikan agama yang berkesinambungan,  sejak anak masih dalam kan­du­ngan hingga ia beranjak dewasa, akan menjadi kebia­saan dalam hidupnya. Sam­pai ia sadar betul , dan paham tentang konsep keima­nan dan keislaman,” jelasnya.

Dikatakan juga, anak laki-laki biasanya akan tumbuh menjadi anak yang cenderung cuek. Jadi, me­nu­rutnya sejak dini harus dijalin kedekatan, dengan menyediakan waktu, mem­beri kasih sayang dan per­hatian penuh kepadanya, dan menjadi orangtua terbaik. 

Sehingga,  disaat anak mendapat masalah diluar rumah, ia tahu harus kem­bali kemana, ia tahu siapa orang pertama yang harus dihubungi, ia juga tahu kepada siapa harus men­ceritakan masalahnya.

“Anak akan kembali ke rumah sebagai tempat pa­ling nyaman baginya, bukan lari ke jalan, mabuk-ma­bukan, narkoba, sebagai pelariannya. Ketika mereka ada masalah, saya mau orang pertama yang mereka cari adalah kedua orang­tuanya bukan orang lain atau pelarian di luar ru­mah,” ujarnya.  

Mempunyai empat orang anak laki-laki yang bukan usia anak-anak lagi, bukan berarti membuatnya lupa atau lalai dalam men­jalankan perannya sebagai ibu atau istri.

”Putra saya yang perta­ma sedang melanjutkan S2 Keno­tariatan di Unand, kalau yang nomor dua Ma­najemen dual degree di UNP, dan anak yang ke tiga dan ke empat masih sekolah kelas 3 Adabiah, Adabiah kelas 2, dan saya bersyukur ke empatnya di­sibukkan dengan aktivitas yang positif,” jelasnya.

Yang jelas menurutnya, yang harus dilakukan adalah banyak berkomunikasi de­ngan anak, agar ke empat jagoannya ini dapat terbuka. (*)

 

Laporan : RINA AKMAL

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Februari 2021 - 13:33:23 WIB

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab Masyarakat adat di Indonesia memiliki tradisi unik dalam menyambut momen-momen tertentu, salah satunya saat memasuki bulan Rajab..
  • Ahad, 14 Februari 2021 - 16:34:31 WIB

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah Saat ini ada berbagai lembaga di seluruh dunia yang sedang mengupayakan penyelamatan terhadap hewan-hewan langka yang terancam punah. Meski begitu, daftar hewan langka mungkin tak akan habis, karena jumlahnya terus bertambah..
  • Ahad, 07 Februari 2021 - 19:13:51 WIB

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula Menikmati pemandangan bawah laut memiliki kenikmatan dan keasyikan tersendiri. Beraneka ragam kehidupan berseliweran dalam perairan tersebut begitu memikat untuk ditatap dan disingkap kehidupan bawah laut tersebut yang sampai.
  • Senin, 01 Februari 2021 - 22:36:28 WIB

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi Pandemi COVID-19 membawa dampak besar pada dunia pendidikan di Indonesia. Sebagian besar sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online dari rumah..
  • Sabtu, 30 Januari 2021 - 11:17:10 WIB

    Nobody Wants To Be Stupid

    Nobody Wants To Be Stupid Seorang guru menyampaikan dalam rapat. “Kelas saya adalah kelas istimewa”. Mencoba mengangkat posisi , dan semua orang sudah mengira kata istimewa adalah konotasinya positif. Yang terbayang adalah anak-anaknya kreatif, ra.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]