Gempa Dua Pekan Lalu Tak Berdampak pada Tingkat Hunian Hotel di Padang


Sabtu, 12 Maret 2016 - 03:39:18 WIB

PADANG, HALUAN — Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Barat (Sumbar) belum melihat dampa gempa Mentawai dua pekan lalu terhadap tingkat hunian hotel di Kota Padang.

Ketua PHRI Sumbar, Mau­lana Yusran menga­ta­kan, sejauh ini pihaknya be­lum melihat dampak gem­pa tersebut terhadap tingkat hu­nian hotel di Kota Pa­dang. Kalau dilihat dari sepi­nya tingkat hunian hotel pa­da bulan ini, karena me­mang bulan ini adalah bulan low season. Disebut bulan low season karena pada bu­lan ini belum masa libur se­ko­lah dan anggaran peme­rin­tah belum banyak turun se­hing­ga kegiatan peme­rin­tah se­dikit. Januari hing­ga Ma­ret termasuk bulan low sea­son.

“Kalau mau melihat pengaruh gempa terhadap ting­kat hunian hotel, bisa di­lihat pada bulan high sea­son, mulai dari April hingga akhir tahun. Hal itu pernah terjadi pada gempa Septem­ber 2009 yang lalu. Selain ka­rena kekuatan gempanya be­sar, juga karena bulan ini ada­lah bulan high season,” ujar pria yang akrab disapa Alan ini kepada Haluan di Padang, Jumat (11/3).

Mengenai tingkat hu­ni­an hotel di Sumbar pada bu­lan low season tahun ini, ka­ta Alan, pihaknya men­ja­di­kan tingkat hunian hotel di Kota Padang sebagai indi­ka­tor. Jumlah tersebut masih le­bih baik diban­dingkan bu­lan low season pada tahun 2015, karena pada 2015 ada ke­bijakan dari Kemenpan-RB yang me­larang kegiatan peme­rin­tah di hotel.

Sementara itu, lanjut Alan, tingkat hunian hotel pada bulan low season tahun ini lebih rendah diban­ding­kan bulan low season tahun 2014, karena jumlah hotel pada 2014 sedikit diban­dingkan tahun 2016.

“Pada 2014, jumlah ka­mar hotel di Kota Padang sekitar 2.800 kamar. Pada 2015 sekitar 2.900 kamar. Sementara pada 2016, jum­lahnya sedikit lebih banyak dibandingkan tahun 2015 karena pada tahun ini ada beberapa hotel baru di Pa­dang,” sebut Alan.

Mengenai perbandingan tingkat hunian kamar hotel di Sumbar, pada 2014 sebe­sar 55 hingga 60 persen, pada 2015 hanya 30 hingga 40 persen, dan pada 2016 ini diprediksi mencapai 50 persen. Berdasarkan da PH­RI di Sumbar pada 2015, total kamar hotel sekitar 4.500 kamar.

Executive Asistent Ma­na­ger Premier Basko Hotel, Roby Wiryawan menga­ta­kan, tingkat hunian hotelnya pada bulan ini sedang sepi. Namun begitu, pihaknya tetap berupaya mening­kat­kan promosi melalui ba­nyak program dan fasilitas yang dimilikinya. “Saat ini, hanya separuh dari total kamar yang terisi di Premier Basko Hotel,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pa­ri­wisata Kota Padang, Medi Isqadi menyampaikan, kun­ju­ngan wisatawan lokal ke Padang sedikit berkurang pada bulan ini, namun untuk wisatawan asing tetap berja­lan normal.

“Ada sebagian wisata­wan lokal Sumbar yang hen­­dak berwisata ke Kota Pa­dang memang mengu­rung­kan niat­­nya akibat gem­pa yang melanda, na­mun untuk wisa­tawan asing tidak ber­pe­ngaruh,” sebut­nya. 

Ia mengimbau masya­rakat yang hendak berwisata ke Kota Padang untuk tidak takut gempa. (h/dib/win)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 Desember 2016 - 17:39:14 WIB

    Gempa Pidie Jaya, Layanan XL Tetap Normal

    Gempa Pidie Jaya, Layanan XL Tetap Normal ACEH, HALUAN—Terkait terjadinya gempa di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam pada Rabu pagi (7/12). Dalam rilis yang diterima harianhaluan. XL turut menyampaikan duka cita yang mendalam kepada masyarakat .
  • Senin, 26 Oktober 2015 - 20:50:16 WIB

    Gempa 7,5 SR Guncang Afghanistan

    12 ORANG TEWAS DI PAKISTAN

    ISLAMABAD, HA­LU­AN — Gempa bumi berkekuatan 7,5 Skala Richter (SR) yang melanda Afghanistan, me­ma­kan korban jiwa. Sedi­kitnya 12 orang di Pakis.

  • Kamis, 17 September 2015 - 19:46:45 WIB

    Gempa Dahsyat 8,3 SR Guncang Chile

    5 TEWAS, 1 JUTA WARGA MENGUNGSI

    SANTIAGO, HALUAN — Gempa bumi berkekuatan 8,3 Skala Richter (SR) mengguncang Chile. Sekitar 1 juta warga setempat mengungsi dari rumah m.

  • Ahad, 26 Juli 2015 - 19:09:57 WIB

    Gempa Pakistan, 3 Orang Tewas

    ISLAMABAD, HALUAN Sedikitnya tiga orang tewas akibat gempa bumi berkekuatan 5,1 Skala Richter yang melanda Pakistan. Terdapat seorang anak di antara korban tewas ini.

    Seperti d.

  • Rabu, 10 Juni 2015 - 18:51:22 WIB

    Korban Gempa Jadi 18 Orang

    2 LAGI JASAD DITEMUKAN

    KUALA LUMPUR, HA LUAN — Jumlah korban jiwa akibat gempa yang meng­­guncang Gunung Kina­balu di Sabah, Malaysia telah bertambah menjadi 18 orang. Ini dik.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM