Presiden Sidak ke Gudang Bulog


Sabtu, 12 Maret 2016 - 03:42:40 WIB
Presiden Sidak ke Gudang Bulog

KARANGANYAR, HALUAN — Presiden Joko Widodo melakukan inspeksi men­dadak ke gudang pengolahan gabah Bulog di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (11/3).

Pada kesempatan itu, Presiden meninjau sejumlah gudang pengolahan gabah untuk dikeringkan.

Baca Juga : Sudah Ikut Latihan Prakerja Tapi Tak Dapat Insentif, Kok Bisa Ya?

“Hari ini saya mendadak ke sini untuk cek betul urusan beras kita ini. Kenapa serapan dari petani yang sudah panen banyak tidak bisa terserap dengan baik,” kata Presiden di Karanganyar.

Presiden menuturkan, Bulog sangat siap menerima beras dari masyarakat dengan fasilitas yang memadai seperti pengering dan penggilingan gabah.

Baca Juga : Konektivitas Digital Akselerator Transformasi Dukung Reaktivator PEN

Saat ini, kata Jokowi, pemerintah masih menyelidiki sulitnya penyerapan beras oleh Bulog apakah karena gabah yang kurang kering, kesulitan masyarakat untuk menye­tor gabah, atau pembelian yang tidak cepat.

“Mesin pengering disitu kapasitas sehari bisa 80 ton. Tapi satu minggu baru dapat 20 ton. Ini mesti ada problem lapangan,” ujar Kepala Negara.

Baca Juga : Catat! Masyarakat Boleh Melaporkan Polisi Mabuk dan Masuk Tempat Hiburan Malam

Presiden menegaskan, hal yang diha­rapkan oleh petani saat masa panen seka­rang adalah gabah diserap oleh Bulog agar harga tidak jatuh.

“Kita hanya punya waktu dua bulan untuk menyerap produksi petani karena ini panen besar,” tegasnya.

Baca Juga : Transformasi Digital Adalah Pintu Masuk UMKM ke Rantai Pasok Global

Dalam kesempatan itu Presiden menga­takan, pihaknya juga telah menelpon Kepala Bulog Djarot Kusumayakti guna menginformasikan permasalahan yang terjadi seperti rusaknya sejumlah alat penggilingan gabah. Sebab, kata Jokowi, permasalahan yang ditemukan di sejumlah gudang Bulog nisbi serupa.

Dalam sidak tersebut, Presiden didam­pingi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri PUPR Basuki Hadi­muljono.

Pada ruangan pertama Jokowi me­meriksa alat penggiling dan pengering padi yang sedang beroperasi. (h/inl)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]