Mesin Pembangkit Rusak

PLN Lakukan Pemadaman Bergilir


Sabtu, 12 Maret 2016 - 04:20:27 WIB
PLN Lakukan Pemadaman Bergilir

PADANG, HALUAN – Pemadaman bergilir yang dilakukan Perusahaan Lisrik Negara (PLN) Wilayah Sumbar di beberapa wilayah, sebagian besar disebabkan rusaknya komponen-komponen penting pada mesin pembangkit tenaga listrik. Terkait ketidaknyamanan ini, PLN meminta pelanggan untuk bersabar sembari teknisi PLN melakukan perbaikan.

Kepala Divisi Humas PLN Wilayah Sumbar, Ridwan, kepada Haluan mengatakan, sementara ini teknisi masih berusaha memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak tersebut. PLN menargetkan pengerjaan akan selesai dalam beberapa hari ke depan sehingga pelanggan dapat menikmati kembali pasokan listrik tanpa kendala apa pun.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Kamis 25 Februari 2021

“Mulai dari kemarin area pemadamannya sudah kami persempit. Ini karena beberapa pembangkit sudah diperbaiki kerusakannya. Sementara beberapa mesin pembangkit lain masih direparasi atau diganti komponennya oleh teknisi,” ucap Ridwan, Jumat (11/3).

Dijelaskannya, PLN selalu mengumumkan setiap pema­daman bergilir yang dilakukan. Baik melalui periklanan di media maupun lewat akun media sosial. Artinya, tidak ada pemadaman sepihak yang dilakukan tanpa ada sebab-musabab yang jelas.

Baca Juga : Pemko Padang Terima CSR Ambulance dan Mobil Operasional dari Bank Nagari Guna Tingkatkan Layanan Kesehatan

Sementara itu, sebagian war­ga mengaku kerap dirugikan oleh pemadaman yang dilakukan oleh PLN. Kebanyakan warga tersebut mengaku lampu di kawasan tem­pat tinggal mereka kerap dima­tikan, padahal wilayah tersebut tidak diumumkan sebagai salah satu wilayah yang terkena dampak pemadaman bergilir.

Winda, salah seorang warga Banuaran Padang mengatakan, meskipun ia selalu melihat pe­ngu­muman pemadaman melalui iklan, tapi kerap kali lampu di rumahnya mati di luar jadwal yang ditetapkan oleh PLN mela­lui iklan. Bahkan, dalam sehari pemadaman bisa terjadi hingga dua hari.

Baca Juga : Belajar Billing Sistem, Perumda AM Kota Padang Disambangi Direksi PDAM Muaro Tebo

“Saya lihat pengumumannya memang benar ada pemadaman, tapi listrik justru padam di luar waktu yang diumumkan. Dan kadang terjadi dua kali dalam sehari. Tentu saja ini mengganggu aktivitas rumah tangga saya,” katanya.

Lain lagi dengan Iwan, warga Tabiang. Menurutnya, ia sama sekali tidak bisa membedakan pemadaman bergilir dengan bukan pemadaman bergilir. Hal ini disebabkan PLN tidak me­nyebarkan pengumuman secara lebih luas.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Rabu 24 Februari 2021

“Saya tidak pernah dapat informasi pemadaman dari mana pun. Yang saya tahu pemadaman selalu dilakukan di waktu-waktu saya masih bekerja, dan bahkan saat malam hari anak mau belajar. Kadang dipadamkan pula tepat sebelum waktu Magrib masuk. Tidak jelas waktunya,” keluh Iwan.

Terkait hal itu, Ridwan me­nga­kui bahwa pemadaman tidak saja terjadi karena pemadaman bergilir dengan sebab perbaikan atau perawatan. Terkadang, me­nu­rutnya, memang ada pema­daman sepihak yang tidak di­umum­kan, dan biasanya hal itu dilakukan karena terjadi gangguan.

“Kalau terjadi pemadaman di luar pemadaman bergilir, biasa­nya disebabkan gangguan pada jaringan yang mengakibatkan fuse link travo terputus,” tanggap Ridwan. (h/isq)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]