BLH Galakkan Program DAS


Senin, 14 Maret 2016 - 03:07:30 WIB
BLH Galakkan Program DAS

LINGGA, HALUAN — Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Lingga pada tahun 2016 ini memprogramkan konservasi Daerah Aliran Sungai (DAS) di dua lokasi, yaknidi Dabo dan Daik. Hal ini dilakukan, mengingat su­ngai-sungai di di dua daerah tersebut cukup kotor serta dipenuhi dengan sampah. Sehingga dijadikan sarang nyamuk demam berdarah.

Menurut Junaidi Ajam Kepala BLH  Kabupaten Ling­ga, untuk tahap awal sudah tiga daerah aliran su­ngai di Kabupaten Lingga yang sudah dijalankan kegi­atan konservasi dan pem­bersihan DAS ini, yaitu di wilayah Kelurahan daik, Ke­lurahan Dabo lama dan di Desa Lanjut.

Baca Juga : Dampak Pandemi Covid-19, Hanya Seorang Wisman Kunjungi Riau

Dikatakannya, bahwa tu­juan dari program ini dalam upaya merevitalisasi kembali aliran sungai biar bersih dan terbebas dari sarang nyamuk dan penyakit lainnya. “Ya kalau kita biarkan sungai ini kotor dan banyak sampah, selain nanti menyebabkan banjir, juga bisa jadi sumber penyakit yang bisa merugikan warga. Maka dari itu usai kita bersihkan, warga kita menjaga suangai ini tetap bersih tidak sebarang membuang sam­pah,” jelasnya, beberapa hari lalu.

Rata-rata kata dia, saat ini sungai dan kolong (eks pe­nambangan timah) yang dekat dengan pemukiman warga banyak yang menja­dikannya sebagai tempat sam­pah yang ahirnya menumpuk. Hal inilah yang menyebabkan daerah sekitar menjadi daerah rawan banjir serta sebagai tempat nyamuk bersarang yang dapat berakibat  pe­nyebaran nya­muk demam berdarah.

Baca Juga : Grand Launching COE Pariaman Festival 2021 Dihelat di Pekanbaru

“Jadi Konservasi ini ber­maksud agar sungai kembali normal dan bersih seperti sedia kala,”ungkapnya lagi. seraya mengataka, bahwa BLH sendiri telah menyi­apkan dan menyediakan tiga sampan beserta empat orang tenaga harian lepas untuk program kerja ini.

BLH juga mengagendakan bahwa program DAS ini dija­dikan agenda tahunan dalam program bersih lingkungan. Selain itu, masyarakat yang mendiami pinggiran sungai juga akan dibina untuk men­jaga kawasan sungai tersebut.

Baca Juga : Leonardy Harmainy: Pariwisata Sumbar Butuh Kepedulian Semua Elemen

Diharapkan program ini menjadi motivasi warga untuk menjaga lingkungan di sekitar sungai tetap bersih. Karena sungai adalah urat nadi kehi­dupan. Tentunya pemerintah cuma memotivasi agar se­lanjutnya timbul kesadaran dari warga untuk menjaga kebersihan lingkungan di se­kitar sungai tersebut.

Sementara itu Lurah Dabo Lama, Muslim melalui sekres­tarisnya T Baheramsyah, me­nga­takan seperangkat alat pembersih sungai dan kolong sudah pihaknya terima dari BLH. Begitu pula tenaga ha­rian lepas sudah mulai bertu­gas membersihkan suangai ini. (h/jfr)

Baca Juga : Emersia Water Park Siap Ramaikan Pariwisata Tanah Datar

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]