Pemko Antisipasi Kebakaran

Tim Siap Siaga Darurat Karlahut Dibentuk


Senin, 14 Maret 2016 - 03:08:51 WIB
Tim Siap Siaga Darurat Karlahut Dibentuk

PEKANBARU, HALUAN — Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru membentuk Tim Siap Siaga Darurat Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), menyikapi munculnya titik panas dan titik api di beberapa daerah pesisir di Provinsi Riau.

Ditambah dengan status Riau siaga darurat Karlahut yang dikhawatirkan menjadi pemicu terjadinya kebakaran di Pekanbaru.

Baca Juga : Dampak Pandemi Covid-19, Hanya Seorang Wisman Kunjungi Riau

Pembentukan tersebut diselenggarakan dalam rapat lintas sektoral, Kamis (10/3) di ruang rapat Walikota. Di­pimpin Asisten I Bidang Pe­merintahan, Dastrayani Bibra.

Dihadiri juga Dandim 03­01 Wirabima, Letkol Inf Tun­jung Setyabudi, Kasat Sabhara Kompol Lilik, Per­wakilan Lanud Mayor Pnb Tengku Madidinsyah, Perwakilan BM­KG Slamet Riyadi, Kepala Badan Penanggulangan Ben­cana dan Pemadam Keba­karan (BPBPK) Burhan Gu­rn­ing, serta para utusan SKPD dan Camat se-Kota Pekan­baru.

Baca Juga : Grand Launching COE Pariaman Festival 2021 Dihelat di Pekanbaru

Slamet Riyadi dari BMKG menyampaikan bahwa saat ini Pekanbaru masih nol titik api, rendahnya curah hujan di wilayah pesisir Provinsi Riau menyebabkan titik api terpan­tau di sejumlah daerah pesisir, tetapi untuk Pekanbaru masih dalam kondisi aman.

Namun demikian arah angin dan perkembangan cua­ca yang diprediksi Mei jelang September wilayah Riau da­ratan termasuk Pekanbaru aka rendah curah hujan dan ber­potensi kemarau. Maka dikha­watirkan persoalan karlahut ini akan terjadi.

Baca Juga : Leonardy Harmainy: Pariwisata Sumbar Butuh Kepedulian Semua Elemen

Menanggapi hal itu, Das­trayani Bibra meminta BP­BPK Pekanbaru untuk segera menyusun tim siap siaga daru­rat karlahut dengan me­libatkan seluruh satuan dan elemen yang ada di Pekanbaru seperti TNI, Polri dan jajaran pemko sendiri sampai ke ting­kat kecamatan dan kelura­haran.

“Posko yang  telah diben­tuk oleh jajaran Kodim 0301 Wirabima menjadi posko lan­jutan dari kesiapsigaan tim ini nantinya termasuk Satpol PP dan jajaran kesehatan dengan

Baca Juga : Emersia Water Park Siap Ramaikan Pariwisata Tanah Datar

Pemko segala personal dan fasilitas dan perleng­kapannya,” ujar Destrayani Bibra.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0301 Wirabima Letkol Tunjung Setyabudi mengajak seluruh camat, lu­rah dan masyarakat se-Kota Pekanbaru untu kembali meng­galakkan semangat go­tong royong dalam member­sihkan parit pengantar, lahan yang tertinggal, serta me­mantau dan memastikan wila­yah masing-masing benar-benar aman dari kebakaran.

“Yang terpenting adalah membangun komunikasi dan informasi gerak cepat antar satuan dan lembaga terkait dalam pencegahan kebakaran lahan dan hutan ini,” ujar Letkol Tunjung menam­bah­kan. (h/hr)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]