Masyarakat Antusias Salat Gerhana

Masjid Raya Jihad Sesak


Senin, 14 Maret 2016 - 03:11:56 WIB
Masjid Raya Jihad Sesak Terlihat suasana saat Salat Gerhana berjamaah di Masjid Raya Djihad kota Padang Panjang yang diimami oleh Alizar Chan Kepala Kemenag kota Padang Panjang, Rabu (9/3). (HUMAS)

PADANGPANJANG, HALUAN — Kaum muslim memadati Masjid Raya Djihad, salah satu masjid terbesar di kota Padang Panjang saat Salat Gerhana, Rabu (9/3). Selain di Masjid Raya Jihad, Salat Herhana juga dilaksanakan di Masjid Al-Azhar ISI Padangpanjang dan beberapa masjid lainnya yang ada di kota itu.

Di Masjid Raya Djihad, bertindak sebagai khatib atau penceramah sekaligus imam  adalah Buya Alizar Chan Kepala Kemenag Kota Pa­dang­panjang.

Baca Juga : Senin Pagi, Bupati Andri Warman Memulai Aktivitas Kedinasan

Dalam ceramahnya Alizar Chan menyebutkan, terjadi­nya  fenomena gerhana mata­hari ini mengingatkan  bahwa alam semesta ini ada yang me­nga­turnya yaitu Allah SWT.

Pelajaran yang kita petik adalah  Allah  mampu mem­buat hal yang tidak biasa didalam kebiasaan. Artinya Allah  mampu membuat gelap itu sesaat kemudian mene­rangkan kembali.

Baca Juga : Kembangkan Sektor Pariwisata, Bupati Andri Warman Lirik Tiga Kawasan Ini

Kejadian tersebut  juga menunjukkan bahwa  Allah maha berkuasa atas segala sesuatu. Fenomena alam atau gerhana matahari ini bukan­lah sesuatu yang baru tetapi sudah tertuang dalam kan­dungan A Quran.

Hal itu membuktikan bah­­wa Al Quran sudah memuat segala sesuatu yang belum dan akan terjadi dimuka bumi ini.

Baca Juga : Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH Sambut Aspirasi Masyarakat Campago Barat

“Allah mampu mem­beri­kan apa saja yang diingin­kannya kepada manusia, mem­berikan rahmat  ataupun laknat. Allah mampu mem­berikan itu semua.

Oleh karena itu sebagai manusia janganlah berprilaku sombong. Taatlah kamu kepa­danya,” ungkap Buya Alizar Chan

Baca Juga : Agar Tepat Sasaran, Dinsos Pessel Mutakhirkan Data Fakir Miskin

Walikota Padang Panjang Hendri Arnis  melalui Asisten II Defrial mengatakan mem­bludak nya umat Islam di kota Padangpanjang dan daerah sekitarnya untuk mengikuti Salat Gerhana adalah bukti semakin tebalnya keimanan kepada Allah sang pencipta alam semesta ini.

Atas nama Pemerintah daerah menyampaikan  apr­esiasi dan terima kasih atas kehadiran kita bersama  yang telah melaksanakan Salat Gerhana ini. Semoga langkah yang dilangkahkan, tangan yang diayunkan dicatat oleh Allah sebagai amal bagi kita semua.

Kita sama sama berdoa semoga kehadiran kita ber­sama mengikuti shalat ger­hana ini menjadi amal se­kaligus  memberikan makna bagi diri dan kota Padang­panjang agar terhindar dari dosa dosa” ujar Defrial DT menyampaikan. (h/one)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]