PIN Polio Targetkan 18.251 Balita


Senin, 14 Maret 2016 - 03:23:38 WIB
PIN Polio Targetkan 18.251 Balita Kepala Dinas Kesehatan Solsel Novirman memberikan imunisasi Polio kepada balita di posko PIN Polio, Ruang Terbuka, Kecamatan Sungai Pagu. (JEFLI)

SOLSEL,HALUAN — Dinas Kesehatan (Din­kes) Solok Selatan (Solsel) menargetkan memberikan imunisasi kepada 18.251 balita, dalam pembukaan acara pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang dilak­sanakan di Ruang Terbuka Muara Labuh serentak pada  Selasa (8/3) sampai Selasa (15/3).  

Kemudian pada (16-20/3) Dinkes Solsel akan mela­kukan sweeping ke rumah-rumah untuk memberikan imunisasi kepada balita yang belum mendapatkan imu­nisasi pada waktu yang telah ditentukan.  ”Sweeping imu­nisasi akan dilakukan mulai tingkat jorong dan nagari yang jauh dari pusat keca­matan,”kata Kepala Dinas Kesehatan Solsel, Novir­man.

Baca Juga : Senin Pagi, Bupati Andri Warman Memulai Aktivitas Kedinasan

Ia menyebutkan, jika masih ada balita yang tidak terimunisasi maka akan mudah terserang virus polio liar. “Virus polio liar nan­tinya bisa menular ke ba­nyak orang, guna antisipasi polio liar tersebut maka Kementerian Kesehatan mengharuskan memberikan imunisasi kepada ba­lita,” katanya.

Ia melanjutkan, terkait sisa-sisa vaksin nanti akan dikumpulkan untuk dibakar di pembakaran milik PT. Semen Padang dengan pa­nas apinya di atas seribu derajat. Hari pertama PIN tersebut Dinas kesehatan menargetkan selesai 70 per­sen pemberian imunisasi dan diyakini akan sukses dan berjalan lancar.

Baca Juga : Kembangkan Sektor Pariwisata, Bupati Andri Warman Lirik Tiga Kawasan Ini

Sekitar  400 orang tena­ga kesehatan dikerahkan dan kemudian dibantu oleh 1.345 kader Posyandu yang  tersebar di 269 loka­si. Dinkes Solsel juga meng­imbau masyarayat yang pu­nya balita untuk melakukan imunisasi kepada balitanya dengan mendatangi seluruh puskesmas dan posko Pos­yandu yang tersebar di tujuh kecamatan.

“Kita sudah menem­pat­kan semua petugas PIN di daerah yang dianggap sulit aksesnya untuk sampai ke sana. Seperti di daerah Lu­buak Ulang Aling yang dike­tahui sulit aksesnya, kita sudah menempatkan petu­gas yang mana diantaranya adalah kader-kader Pos­yandu,” tutur Novirman.

Baca Juga : Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH Sambut Aspirasi Masyarakat Campago Barat

Menurut Kabid P2PL (Pengendalian Penyakit dan Penyehatan lingkungan ) Dinkes Solsel, Elliasma, jika sebelumnya,  Dinkes Solsel memperoleh prestasi ca­paian imunisasi lengkap nomor satu di Sumatera Barat (Sumbar) pada 2015. “Capaian hasil imunisasi lengkap kita nomor satu di Sumbar. Capaian hasilnya 95,6 persen dari jumlah balita yang ada di Sol­sel,” imbuhnya.

Pencanangan PIN ter­sebut dibuka oleh Pj Bupati, Erizal dan dihadiri oleh Camat Sungai Pagu, Martin Edi, Direktur RSUD Sol­sel,  Medri Idaman, Kabag Humas Solsel,  Zamzami dan petugas medis se-Solsel. (h/jef)

Baca Juga : Agar Tepat Sasaran, Dinsos Pessel Mutakhirkan Data Fakir Miskin

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]