AS Luncurkan Roket dari Yordania ke Suriah


Senin, 14 Maret 2016 - 03:25:55 WIB
AS Luncurkan Roket  dari Yordania ke Suriah

ATOMPF, HALUAN — Untuk per­­tama kalinya, Amerika Se­rikat (AS) menggempur selatan Suriah dari Yordania. Hal ini menurut komandan Lembaga Pertahanan AS Kolonel Steve Warren, merupakan indikator baik yang menunjukkan adanya kemajuan hubungan antar ke­dua negara dalam rangka mem­­­perkukuh basis pe­rt­aha­nannya di selatan.

“Kira-kira enam bulan yang lalu atau lebih, sekretaris Lem­baga Pertahanan AS Ash Carter berbicara tentang bagaimana strategi kami secara kese­lu­ruhan, termasuk mem­perkuat pertahanan Yordania. Orang Yordania telah menjadi mitra yang sangat dekat dengan kami dalam memerangi teror besar. Tentu saja, karena mereka juga tengah memikul beban berat dari pengungsi yang ber­da­tangan,” ujar Warren, se­ba­gai­mana dilansir da­ri Inter­na­tio­nal Business Times, Minggu (13/3).

Baca Juga : Inggris Temukan Lagi 16 Kasus Varian Baru COVID-19, Mengandung Mutasi E484K

Berkat kordinasi yang baik dengan pasukan Yordania, roket yang diluncurkan pesawat tempur AS ke tiga lokasi ber­beda ke selatan Suriah, dika­barkan berhasil mengenai ke­lompok oposisi di Suriah dan mengambil alih para garnisun yang sempat ditahan ISIS di Kota Atompf.

Peluncuran roket AS dari Yordania didatangkan sebagai kekuatan internasional se­ka­ligus upaya rezim Suriah untuk mem­­per­kuat perjanjian gen­catan senjata dan negosiasi perdamaian.

Baca Juga : Selandia Baru Diguncang Gempa Bumi 8,1 SR: Peringatan Tsunami Dibunyikan, Warga Diminta Pindah ke Tempat Lebih Tinggi

Meskipun gencatan senjata telah secara teknis di­ber­la­kukan sejak akhir Februari 2016, para pemberontak opo­sisi di bagian utara negara itu telah me­ngu­mumkan beberapa pe­lang­garan oleh pesawat Rusia.

Sementara kelompok eks­tremis di selatan Suriah me­nentang keras gencatan senjata yang ditengahi oleh AS dan Rusia, karena dianggap dapat dijadikan celah untuk me­nargetkan daerah kekuasaan para pemberontak rezim Assad yang selama ini mengontrol Darayya, kawasan pinggiran di Damaskus. (h/okz)

Baca Juga : Miliuner Jepang Ini Cari 8 Orang Teman Traveling ke Bulan, Siapa Berminat?

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]