BMKG Deteksi 29 Titik Panas di Riau


Senin, 14 Maret 2016 - 03:26:17 WIB
BMKG Deteksi 29 Titik Panas di Riau

PEKANBARU, HALUAN — Badan Metereologi, Kli­ma­tologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru mendeteksi ada sebanyak 29 titik panas yang tersebar di lima kabupaten di Provinsi Riau. Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin menga­takan berdasarkan pen­citraan satelit Terra dan Aqua, Minggu (13/3) pukul 05.00 WIB, keberadaan titik panas kem­bali melonjak tajam sete­lah dua hari terakhir di wila­yah tersebut dipastikan Nihil titik panas.

“Meranti dan Bengkalis merupakan wilayah dengan jumlah titik panas terbanyak. Di Meranti terpantau 16 titik dan Bengkalis 10 titik,” jelasnya.

Baca Juga : Waduh! Indonesia Masuk dalam 35 Negara Rawan Bencana di Dunia

Sementara itu, sejumlah wilayah lainnya yang ter­pan­tau titik panas adalah Rokan Hilir, Pelalawan, dan In­dragiri Hulu dengan masing-ma­sing satu titik panas. Di­jelaskan Sugarin, dari 29 titik panas yang terpantau, 21 diantaranya dipastikan se­bagai titik api atau me­ngin­dikasikan adanya kebakaran lahan dan hutan dengan ting­kat kepercayaan diatas 70 per­sen. 21 titik api itu ter­pan­tau di Bengkalis dan Meranti.

“Ada 10 titik api yang terpantau di Bengkalis, se­mentara 11 diantaranya be­rada di Meranti,” jelasnya.

Baca Juga : Presiden Jokowi Lapor SPT Tahunan PPh secara Daring

Dengan kembali mun­cul­n­ya titik api, Sugarin me­nga­takan berdasarkan pantauan BMKG, kondisi jarak pan­dang di sejumlah wilayah Riau terpantau normal ber­kisar antara empat hingga dela­pan kilometer.

Lebih lanjut, Sugarin mem­prediksikan pada umumnya cuaca di wilayah Riau cerah hingga berawan pada hari ini. Potensi hujan dengan intensitas ringan tidak merata di­pr­­a­kirakan terjadi di wilayah Riau bagian tengah, barat dan selatan pada siang atau malam hari.

Baca Juga : Satu Tahun Covid-19, Lucy Kurniasari: Pemerintah Jangan Profit Oriented

Sebelumnya pada Kamis (11/3) dan Jumat (12/3) lalu Stasiun BMKG Pekanbaru tidak mendeteksi adanya titik panas yang mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan di Riau. Namun, BMKG Pekanbaru mem­per­kirakan dalam beberapa hari ke depan potensi kebakaran di Provinsi Riau masih cukup tinggi.

“Beberapa hari ke depan potensi hujan di wilayah utara dan pesisir timur Riau seperti Bengkalis, Meranti, Indragiri Hilir, Pelalawan dan Siak cukup minim dan bersifat lokal sehingga potensi keba­karan cukup tinggi,” kata staf analisis cuaca BMKG Pe­kan­baru, Ahmad Agus Widodo.

Baca Juga : Vaksin Rekombinan Covid-19 Anhui Memasuki Proses Uji Klinis Fase III

Agus menjelaskan me­ngatakan nihilnya titik panas di Riau disebabkan karena terja­dinya hujan di beberapa wilayah tersebut pada Jumat malam (11/3) hingga Sabtu dinihari. 

“Selain itu, kesigapan pe­tugas di lapangan dalam me­madamkan kebakaran juga berhasil menanggulangi jum­lah titik panas,” ujarnya.

Namun begitu, ia kembali me­nginformasikan akan po­tensi kebakaran di beberapa wilayah Riau terutama bagian pesisir. (h/rol)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]