Suhu Politik Diprediksi Meningkat

Forkopinda Rapatkan Barisan


Senin, 14 Maret 2016 - 03:52:51 WIB
Forkopinda Rapatkan Barisan

PAYAKUMBUH, HALUAN — Anggota Forkopinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Payakumbuh rapatkan barisan untuk mencegah terjadinya konflik sosial di kota ini.

Menjelang Pilkada se­rentak kedua, Februaài 20­17, suhu politik dipredikasi bakal ikut memanas di dae­rah ini. Untuk itu, komu­nikasi sesama Forkopinda tak boleh terputus.

Baca Juga : Usai Dilantik, Mahyeldi-Audy akan Tempati Rumah Dinas di Jalan Sudirman dan Raden Saleh

“Intensitas pertemuan sesama Forkopinda akan lebih ditingkatkan lagi. For­kopinda mendorong, diben­tuknya Tim Pencegahan Konflik Sosial (TPKS) sam­pai ke tingkat kecamatan dengan melibatkan Dan­ramil, Kapolsek, Babinsa dan Babinma,” sebut Wa­likota H. Riza Falepi, di dampingi Kepala Kantor Kesbangpol, Elfriza Zahar­man, Minggu (13/3). 

Menurut dia, penguatan Forkopinda sangat diper­lukan untuk memelihara dan meningkatkan peme­rintahan dan suasana kota yang kondusif.

Baca Juga : Pertamina Kembangkan PLTP di Sungai Penuh Jambi, Kapasitas 55 MW

Dalam rapat koordinasi Forkopinda yang dilakukan Kesbangpol, Ka­mis (11/3), seluruh anggota Forkopinda menyatakan komitmen ber­sama untuk meningkatkan komunikasi, integrasi dan sinkronisasi.

Kajari Payakumbuh Has­­­bi, Kapolres, AKBP Yuliani, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf. Heri Sumitro dan Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam, sama-sama menyampaikan komitmennya untuk mela­kukan pencegahan terja­dinya konflik sosial di kota ini, ulasnya.

Baca Juga : Wali Kota Pariaman Berharap Musda LKAAM dan Bundo Kanduang Hasilkan Pimpinan Terbaik

Kepala Kantor Kes­bang­pol, Elfriza, mengatakan, potensi konflik sosial itu, bisa saja terjadi setiap saat. Pemicunya, bisa saja karena LGBT, narkoba, perda­ga­ngan manusia, kekerasan di rumah tangga, Pilkada dan aliran kepercayaan. Meski seluruh aparatur penyeleng­gara pemerintah mampu melakukan penindakan, dan pemulihan keadaan, namun akan lebih baik jika dilaku­kan tindakan preventif.

“Koordinasi antar se­sama Forkopinda sampai ke aparatur kecamatan dan kelurahan perlu lagi diting­katkan, termasuk dengan merangkul BNN, Imigrasi dan pihak Yonif 131 dan Den Zipur 2,” tambah Cece, panggilan Elfriza Za­har­man.

Baca Juga : Benny-Sabar Dilantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Pasaman, Ini Pesan Endang Tirtana

Ditambahkannya, sesuai saran Kajari Hasbi, Dandim Heri Sumitro dan Kapol­resta Yuliani, pihak pemko akan meminta camat, ke­pala kelurahan dan LPM untuk mengaktifkan kegia­tan siskamling pada seluruh kelurahan.

Sekaligus perlu diper­banyak kegiatan pe­nyuluhan hukum kepada warga kota. Jika semua war­ga sudah sadar hukum, ma­ka segala bentuk konflik akan bisa diatasi. (h/zkf)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]