Terminal Antokan Segera Difungsikan


Senin, 14 Maret 2016 - 03:54:38 WIB
Terminal Antokan Segera Difungsikan Plt Sekda Kabupaten Agam, Martias Wanto, (kanan) saat meminpin pembersihan terminal antokan, Minggu (13/3). (DAYAT)

Agam, Haluan — Pemerintah Kabupaten Agam akan mengembalikan fungsi terminal Antokan di kawasan pasar lama Lubuk Basung sesuai fungsinya. Pengembalian fungsi Pembersihan terminal atau yang lebih biasa disebut pasar lama tersebut dimulai dengan pembersihan lokasi.

Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto, di dampingi Kepala BPLh Kabupaten Agam, Edi Busti, Kabag Humas Syatria, Camat Lubuk Ba­sung, Hilton, saat pelak­sanaan goro bersama, Ming­gu (13/3) mengatakan, pem­bersihan terminal Antokan merupakan salah satu lang­kah dalam mengembalikan fungsi tempat tersebut se­bagaimana mestinya.

Baca Juga : Masyarakat Sikucua Timur Harapkan Pengembangan Puncak Letter W

Dikatakannya, pada ra­pat internal SKPD Kabu­paten Agam telah disepakati goro bersama pada Sabtu (12/3) di Pasar Inpres Pa­dang Baru dilanjutkan pada Minggu (13/3) mem­bersih­kan pasar atau terminal Antokan. Kemudian kem­bali dilak­sanakan pada Se­nin (14/3) di Pasar Inpres Lubuk Ba­sung.

“Terminal bukan tempat berdagang. Selokan bukan tempat pembuangan sam­pah. Kegiatan bersih-bersih ini akan memperlihatkan wajah pasar atau terminal sesuai idaman. Mari kita kembalikan fungsi tempat-tempat ini sesuai dengan fungsinya masing masing,” katanya.

Baca Juga : Peduli, Satreskrim Polres Sijunjung Beri Bantuan ke Panti Asuhan

Ia juga meminta kerja­sama serta dukungan ba­nyak pihak untuk pelak­sanaan tersebut. Pem­be­nahan akan dilakukan se­cara berkelanjutan dan dita­ngani secara khusus dan bersama sama oleh semua pemanfaat pasar atau ter­minal. Penataan bakal dila­kukan meliputi pedagang, parkir dan K3 pasar dan terminal.

Sementara itu, salah seo­rang pedagang sembako Pasar Lama Lubuk Basung, Asri (24), mengaku men­dukung dilaksanakan kegi­atan gotong-royong mem­bersihkan sampah di pasar atau terminal yang dilak­sanakan. Hanya saja pena­taan pedagang harus dila­kukan sebaik mungkin se­hingga tidak menjadi ma­salah baru pula. Sebab, areal terminal dijadikan peda­gang dan masyarakat berju­al beli.

Baca Juga : Lantik 11 Ketua TP PKK, Harneli: Intinya Kompak, Kepala Daerah Pasti Sukses

“Pembersihan areal ter­minal sangat di perlukan. Saya sangat mendukung aksi bersih ini, dan meminta kepada Pemkab Agam agar dapat mengatur dan meng­awasi para pedagang saat berjualan di lokasi pasar maupun terminal. Meski demikian jangan lupa seba­gian areal terminal juga tempat mencari nafkah ma­sya­rakat untuk berdagang,” jelasnya. (h/yat)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]