Operator Pendidikan Kunci Sekolah dengan Dunia Luar


Senin, 14 Maret 2016 - 04:03:53 WIB
Operator Pendidikan Kunci Sekolah dengan Dunia Luar

PADANG, HALUAN — Operator pendidikan menjadi ujung tombak dalam pen­yajian informasi yang ter­baru dan akurat di sebuah institusi pendidikan. Jika operator pendidikan tidak melakukan update data sekolah, maka informasi sekolah tersebut juga tidak akan banyak diketahui orang.

“Tentang  informasi manajemen pendidikan, kita perlu meningkatkan akses informasi sekolah tahun 2015-2016. Dan kegiatan pengembangan website dan maintenance  sistem jaringan informasi manajemen pen­didikan untuk tingkat SD,SMP, SMA, SMK negeri dan swasta se Kota Padang tahun 2016 harus diper­hatikan,” tegas Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Padang Syofrizal di hadapan seluruh operator sekolah di Kota Padang pekan lalu.

Baca Juga : Mahyeldi Naik Jadi Gubernur Sumbar, Siapa Pengganti Wali Kota Padang?

Syofrizal juga meminta operator bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Sehingga siapa saja yang ber­tanya tentang sekolah di Kota Padang bisa dijawab dengan baik dan men­yenang­kan.

“Seperti berapa jumlah guru yang akan pensiun pada tahun 2016. Maka dengan mudah setiap operator sekolah bisa menjawabnya,” ucapnya.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 26 Februari 2021

“Data-data sekolah itu selalu berubah dan diperbaharui, untuk itu bekerjalah dengan profesional serta informasikan dengan kepala sekolah­nya. Sehingga mereka mengetahui dengan baik kondisi data di seko­lahnya,” tambah Syofrizal.

Sementara itu, Kepala UPTD P2 Dapodik Dinas Pendidikan Kota Padang Syuhadi, SKom men­yampai­kan, kegiatan pelatihan untuk operator sekolah ini diikuti 204 orang terdiri dari tiga angkatan.

Baca Juga : Sosok Pengusaha Batu Bara Perempuan Asal Sumbar, Mulai Bisnis dari Umur 18 Tahun

“Operator sekolah merupakan bagian penting dalam sistem pen­data­an pendidikan yang saat ini te­rin­te­grasi dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Jadi, tidak bisa asal-asalan, terjadi kesalahan diketahui langsung operatornya. Dan seorang operator sekolah  punya tanggung jawab terhadap data-data sekolahnya. Sebab saat ini apa saja bisa dilihat oleh masyarakat, seperti NEM tertinggi, jumlah siswa/i dan lain sebagainya,” jelas Syuhadi.

Syuhadi menambahkan, sebagai seorang operator sekolah harus me­nge­­tahui tugas pokok dan fungsinya. Sehingga amanah dan tanggung jawab yang dibeban kepadanya dapat dilaksanakan dengan baik pula. (h/ows)

Baca Juga : Wujudkan GCG, Perumda AM Kota Padang Kunjungi BPKP Sumbar

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]