Wisuda Sarjana ke-52

STKIP PGRI Sumbar Perkuat Diri


Senin, 14 Maret 2016 - 04:08:12 WIB
STKIP PGRI Sumbar Perkuat Diri Jajaran Pimpinan STKIP PGRI Sumbar beserta civitas akademika lainnya saat mengikuti Dies Natalis ke-32 dan Wisuda Sarjana ke-52 di Hotel Grand Inna Muara, Sabtu (12/3). (YANSEN WAPITA ANWAR)

PADANG, HALUAN — Se­ko­lah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat terus mem­perbaiki sumber daya manusia dan sarana prasarana kampus. Saat ini dari segi sarana dan prasarana maupun dari segi pelayanan, seperti labo­rato­rum, ruang baca, perpustakaan serta unit kesehatan kampus, unit tenaga kerja dan humas dan unit pengembangan bahasa, telah sesuai dengan apa yang distandarkan oleh Dikti dan BAN-PT.

“STKIP PGRI Sumbar sebagai sebuah institusi yang diamanahkan untuk meng­hasilkan calon pendidik dan tenaga kependidikan, secara aktif terus berupaya untuk meningkatkan kualitasnya, terutama dari sedi sumber daya manusia (SDM), kualitas pem­belajaran, dan penguatan ter­hadap manajemen tata ke­lola yang akan berdampak pada peningkatan kualitas lulusan yang dihasilkan,” te­rang Ketua STKIP PGRI Sumbar, Dr Zusmelia, MSi saat wisuda ke-52 STKIP PG­RI Sumbar di Hotel Grand Inna Muara, Sabtu (12/3).

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Selasa 09 Maret 2021

Menurutnya, dengan wisu­da sarjana ke 52 ini, STKIP PGRI Sumbar telah mencetak 14.605 tenaga pendidik. Ten­tu­nya sebagai LPTK, pihaknya konsen melahirkan tenaga guru yang profesional demi me­wujud­kan para pendidik yang berkulitas.

Pada kesempatan tersebut, terang wanita kelahiran Pa­dang Panjang ini, STKIP PGRI Sumbar  mewisuda 557 wisu­dawan yang terdiri dari delapan jurusan, yakni matemaika 58 wisudawan, Bahasa Inggris 104 wisudawan, geografi 20 wisu­dawan, sejarah 24 wisudawan, bimbingan konseling 85 wisu­dawan, sosiologi 36 wisu­da­wan, bahasa dan sastra Indo­nesia 68 wisudawan serta eko­nomi 94 wisudawan.

Baca Juga : Pantai Air Manis Padang Masih Lengang, Omset Pedagang Anjlok

Wanita yang pernah di­no­batkan sebagai mahasiswa S3 berprestasi di IPB ini juga menuturkan, sejak Desember 2013, STKIP PGRI Sumbar telah berkualifikasi dosen minimal S2 (magister) dan saat ini STKIP memiliki 269 orang dosen dengan rincian 11 orang S3 (doktor) dan 258 orang  S2 serta 18 diantaranya sedang studi lanjut program S3. De­ngan demikian dari segi kua­lifikasi dan jumlah dosen tetap STKIP PGRI Sumbar telah memenuhi syarat rasio dosen dan mahasiswa sebagaimana yang ditetapkan oleh Dikti dan Kopertis Wilayah X.

“Sedangkan di bidang aka­demik, mahasiswa STKIP PG­RI Sumbar selaku mewakili Kopertis Wilayah X untuk tingkat nasional. Di tahun 2015 mahasiwa Fisika STKIP PGRI berhasil keluar sebagai finalis  regional I dalam olimpiade sains Pertamina. Ini mem­buktikan di bidang akademik, mahasiswa STKIP PGRI Su­m­bar menjadi perhitungan, sebab mampu berkompetisi dengan masiswa PTN maupun PTS lainnya,” ungkap Zusmelia.

Baca Juga : Demam Tanaman Hias di Padang Terus Meluas

Pada kesempatan yang sa­ma Ketua Yayasan STKIP PGRI Sumbar Drs Dasrizal MP,  mengucapkan terima­kasih dan apresiasi yang tinggi ke­pa­da seluruh orang tua wisu­dawan yang telah mem­per­caya­kan STKIP PGRI Sumbar untuk mendidik putra-putrinya menjadi generasi yang ber­karakter, berilmu dan ber­pengetahuan.

“Tentunya apresiasi yang tinggi juga layak diberikan kepada Ketua STKIP PGRI Sumbar dan tim yang telah bekerja keras mengem­bang­kan, meningkatkan dan mem­besarkan nama STKIP PGRI Sumbar menjadi kampus LP­TK terbaik di Kopertis Wila­yah X. Dengan kerjakerasnya, Ketua berhasil mengangkat STKIP PGRI Sumbar ke pe­ring­kat yang lebih baik, yakni dari binaan menjadi peringkat madya sehingga memperoleh bintang emas satu,” tambah penulis buku yang berjudul Delapan Keterampilan Dasar Mengajar itu.

Baca Juga : Terancam Abrasi, Masjid Al-Hakim Padang Dipasang Batu Pemecah Ombak

“Kami juga berterimakasih kepada Koordinaror Kopertis Wilayah X yang telah banyak membimbing dan melibat do­sen STKIP dalam bernagi ke­giat­an. Ini jelas menjadi sebuah kebanggaan bagi ST­KIP PGRI Sumbar, sebab tidak semua kampus men­dapat­kan keper­cayaan seperti ini,” pungkas alumni jurusan Ilmu Tanah Unand tersebut. (h/mg-ysn)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]