Gempa Menyisakan Trauma

Wisata Pantai Sekarang Lengang


Senin, 14 Maret 2016 - 04:09:58 WIB
Wisata Pantai Sekarang Lengang

PADANG, HALUAN — Gempa 7,8 SR pada 2 Maret 2016 lalu sepertinya masih menyisakan trauma. Terbukti tempat-tempat wisata yang di Kota Padang terutama kawasan pantai, sepi dari pengunjung.

Pantauan Haluan, kemarin di Pantai Padang terlihat pengunjung pantai sepi dari pada biasanya. Pusat wisata Danau Chimpago, LPC hing­ga tepian pantai terlihat le­ngang.

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan SK Pengangkatan bagi 112 P3K di Lingkungan Pemko Padang Formasi 2019

Pemilik warung yang ber­ju­alan di Muaro Lasak pun mengakui hal itu. Menurut mereka pascagempa 2 Maret lalu, kawasan pantai yang semula ramai, sekarang men­jadi lengang.

Ujang salah seorang pe­milik kafe di Muaro Lasak mengatakan, sebelum terja­dinya gempa pantai dipenuhi pengunjung setiap hari mes­kipun tidak dalam jadwal libur.

Baca Juga : 112 Orang Terima SK Pengangkatan di Lingkungan Pemko Padang, Terbanyak Formasi Guru

“Biasanya ramai dari pada ini tiap sore meskipun tidak hari libur. Namun sekarang banyak pengunjung yang me­ngaku trauma ke pantai takut adanya gempa yang disusul tsunami,” ujar Ujang.

Demikian juga dengan yang dikatakan Yuli, penjual kerupuk kuah juga me­nga­takan sepi pengunjung. Di­tambah lagi cuaca ekstrim membuat pengunjung jadi enggan singgah.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 05 Maret 2021

“Sudah lebih satu minggu ini pengunjung sepi dan pen­dapatan juga menurun. Ada yang mengaku takut gempa makanya enggan datang,” ungkapnya.

Kunjungan Wisatawan 3 Juta Orang/Tahun

Baca Juga : Sebanyak 2.500 Pedagang Pasar di Kota Padang Divaksinasi

Sementara itu Kepala Di­nas Kebudayaan dan Pari­wisata Kota Padang Medi Iswandi menyampaikan bah­wa tingkat kunjungan wisa­tawan lokal memang sedikit berkurang.Namun kunjungan wisatawan asing pascagempa, masih tetap berjalan normal.

“Ada sebagian wisatawan lokal Sumbar yang hendak berwisata ke Kota Padang memang mengurungkan ni­atnya akibat gempa yang me­lan­da, namun untuk wisa­tawan asing tidak berpe­nga­ruh.

Kita imbau pada warga  yang hendak berwisata ke Kota Padang  bahwa Padang aman dan tidak perlu ada yang diresahkan. Silakan berkun­jung ke Kota Padang,” ujar­nya.

Ditambahkannya, kunju­ngan wisatawan ke Kota Pa­dang mencapai 3 juta pengun­jung setiap tahunnya. Dian­taranya LPC termasuk yang ramai dikunjungi.

“Sejumlah tempat wisata pulau yang menjadi andalan Kota Padang yakni Pulau Pasumpahan, Pulau Sikuai, dan Swarnadipa,” terangnya lagi.

Sementara untuk yang didarat sejumlah objek wisata turut menjadi unggulan. Ada Pantai Cimpago, Pantai Bu­ngus, Pantai Muaro, Pantai Purus, Pantai Samudera, Ta­man Hutan Raya Bung Hata dan yang lain. (h/win/len)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]