6 Eks Timnas Kewalahan Hadapi 150 Bocah


Senin, 14 Maret 2016 - 04:28:25 WIB
6 Eks Timnas Kewalahan Hadapi 150 Bocah Pemain Indonesia All Star Rocky Putiray menghadapi 150 pemain cilik dalam happy games pembukaan Irman Gusman Cup 2016 di Stadion Agus Salim,Padang, Minggu (13/3) petang. Dalam laga unik tersebut kedua tim membagi skor 1-1 dan diusulkan masuk rekor MURI. (RIVO SEPTI ANDRIES)

PADANG, HALUAN — Pembukaan turna­men sepakbola antarkecamatan se Sumbar bertajuk Irman Gusman Cup I 2016 berlangsung menarik. Bagaimana tidak, pada iven pembukaan yang dilangsungkan di Stadion H Agus Salim, Minggu (13/1) itu, panitia pelaksana turnamen menyajikan game menarik dengan mempertemukan enam eks pemain Timnas dari era 1980-2000-an, dengan 150 anak dari berbagai SSB di Padang.

Hasilnya, bukan ketegangan yang lahir dari tribun, tapi gelak tawa karena pertandingan yang dilakukan terkesan sebagai sebuah hiburan. Saking hebohnya, Ketua DPD Irman Gusman tak tahan duduk di tribun kehormatan. Bela-belain, RI7, lebel untuk Ketua DPD RI ini, turun ke pinggir lapangan untuk turut merasakan langsung suka cita bersama panitia yang mengawasi dari pinggir garis.

Baca Juga : Wah, Ada Hadiah Rp2 Miliar untuk Juara Piala Menpora

Panitia pelaksana menunjuk enam dari 19 eks timnas yang mereka boyong ke Padang untuk menghadapi cikal bakal pese­pakbola handal di negeri ini. Mereka adalah kipper Benny Van Breukelen (Kiper), Zulkarnaen Lubis, Rocky Putiray, Hendri Susilo, Francis Wewenang, dan Vernard Hutabarat

“Eks pemain Timnas ini kami hadirkan untuk memeriahkan pembukaan turnamen sepakbola Irman Gusman Cup. Over all, mereka akan berhadapan dengan pemain Padang All Star yang diperkuat Nil Maizar dan Jafri Sastra. Namun sebelum berlaga, enam dari 19 pemain itu mengi­kuti happy games terlebih da­hulu, menghadapi 150 pemain belia dari berbagai SSB yang ada di Padang. Karena momen yang luar biasa, kami akan usulkan ajang ini masuk dalam rekor MURI,”kata Ketua Harian Pan­pel, Hardimen Koto.

Baca Juga : Skuat Garuda Ingin Berikan Hasil Terbaik di Dua Laga Uji Coba

Pertandingan yang dipimpin satu-satunya wasit perempuan asal Sumbar, Azizah itu berlang­sung gembira. Pada laga ini, enam eks Timnas itu berada di sisi selatan lapangan, sedangkan 150 anak SSB di sisi utara. Saat kick off, enam pemain Timnas itu dihadapkan dengan 50 anak. Begitu laga berjalan, bertahap panitia menyisipkan 100 pemain lainnya  dalam dua tahap.

Pertandingan awalnya masih bisa dikendalikan enam eks Timnas. Namun, begitu panpel melepas 50 anak berikutnya, mereka mulai kewalahan dan makin kewalahan ketika Panpel menggenap pemain bocah 150. Saat itulah, mereka berhasil berhasil membobol gawang Tim­nas yang dijaga Benny Van Breukelen.

Baca Juga : Barcelona Geger, Kantor Manjemen Digeledah Polisi

Tak ingin kehilangan muka, Rocky Putiray mulai bermain “nakal”. Menyerang dari sisi kiri pertahanan 150 bocah, eks pe­nyerang Kitche FC Hongkong itu memasukkan bola ke dalam bajunya, dan berlari menuju kotak 16. Begitu dapat ruang tembak, ia mengeluarkan bola dan menendang ke arah gawang yang dijaga 5 kiper sekaligus. Untung tak gol.

Akhirnya, eks pemain Tim­nas ini sukses menciptakan gol penyeimbang. Melalui tendangan Rocky Putiray dari tengah lapa­ngan, gawang pemain cilik ini akhirnya bobol juga. Skor pun bertahan 1-1 hingga permainan selama 10 menit itu usai.

Baca Juga : Wah! David Beckham Punya Rencana Gabungkan Messi dan Ronaldo dalam Satu Tim

Tak cukup sampai di sana. Sajian hiburan laga pembuka turnamen ini juga dilanjutkan charity games yang memper­temukan eks Timnas dengan tim Padang All Star. Pemain Timnas diperkuat Benny van Bruekelen, Leo Saputra, Daniel Siley, Herry Kiswanto, Suapri, Elly Idris, Vernard Hutabarat, Rajab Lesta­luhu, Rully Nere, Kamaruddin Betay, Zulkarnaen Lubis, Hendri Susilo, Francis Wewengkang, Jalal Jalil, Peri Sandria, Ellie Aiboy, Rocky Putiray, Oyong Liza dan Nasir Salassa.

Sementara tim Padang All Star yang diisi mantan pemain PSP Padang dan Semen Padang, seperti Aprius, Delfi Adri, Mas­kur Rauf, Trisno Affandi, Jhonny Effendi, Welliansyah, Syafril Mahmud, Afdal Yusra, Erry Syarif, dan beberapa pemain lainnya serta dua pelatih beken asal Sumbar, Nil Maizar dan Jafri Sastra.

Laga ini sendiri berkesu­dahan dengan skor 2-1 untuk Padang All Star. Gol Padang All Star dipersembahkan Delfi Adri dan Maskur Rauf sedangkan gol Eks Timnas dibukukan Francis We­wengkang. Pada iven ini, tampak Irman Gusman yang didampingi Wagub Nasrul Abit, Sekdako Nasir Ahmad membuka iven ini bersama unsur Muspida.

Dalam sambutannya, Irman Gusman berharap, turnamen ini bisa menghasilkan pemain-pe­main berbakat yang bisa dian­dalkan Sumbar dan bahkan Indo­nesia di masa mendatang.

Ia merasa terharu dengan antusiasnya peserta dalam turna­men yang baru pertama kali dilakukan ini. Karena lebih dari 80 persen kecamatan yang ada di Sumbar ikut serta dan itu berlang­sung di 19 kabupaten dan kota di Sumbar, termasuk Kabupaten Kepulauan Mentawai. (h/mat)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]