Tuntaskan PIN Polio

Petugas Gelar Sweeping Bayi dan Balita


Selasa, 15 Maret 2016 - 02:58:25 WIB
Petugas Gelar Sweeping  Bayi dan Balita

SAWAHLUNTO, HALUAN — Pekan Imunisasi Nasional Polio berakhir, Selasa (15/3) (hari ini-red). dari target sasaran 6.184 bayi dan balita, hingga Senin (14/3) pagi, Kota Sawahlunto telah berhasil menuntaskan 84,3 persen target atau 5.250 sasaran dari 6.184 target.

Untuk menuntaskan tar­get sasaran bayi dan balita yang belum melaksanakan imunisasi, Dinas Kesehatan dan Sosial Sawahlunto mener­junkan 714 kader posyandu berikut petugas puskesmas.

Baca Juga : Leonardy Harmainy Diskusikan Persoalan Layanan Komunikasi dan Internet dengan Masyarakat Tandikek Barat

“Kita menggelar swee­ping, mendatangi langsung ke rumah warga yang belum mem­berikan imunisasi ter­hadap balitanya,” ujar Kepala Bidang Pem­be­rantasan Pe­nya­kit dan Penye­hatan Ling­kungan Dinas Kese­hatan dan Sosial Sawahlunto, dr. Al Anshari kepada Haluan, Senin (14/3).

Belum rampungnya pelak­sanaan imunisasi polio, me­nurut mantan Direktur RSUD Sawahlunto itu, disebabkan warga yang belum meng­imu­nisasi balitanya sedang tidak di tempat.

Baca Juga : SDG’S Desa Dikupas Leonardy di Tandikek Barat

Selain itu, jauhnya lokasi pemukiman warga dari Pos PIN Polio, membuat warga kesulitan untuk datang men­dapatkan imuninasi polio bagi balita atau bayinya.

Al Anshari mentargetkan, dalam dua hari pelaksanaan sweeping, akan membuat pen­capaian pelaksanaan PIN polio mencapai target 96 per­sen dari target sasaran yang disesuaikan dengan pusat data Indonesia.

Baca Juga : Senin Pagi, Bupati Andri Warman Memulai Aktivitas Kedinasan

“Setidaknya, dari pusat data Indonesia yang kita mi­liki, akan tercapai target 96 persen. Makanya, sweeping ini melibatkan langsung kader posyandu dan petugas pus­kesmas,” ujarnya.

Al Anshari sangat berha­rap, tidak ada bayi atau balita di Kota Sawahlunto, yang luput dari pelaksanaan imu­nisasi polio. Sebab, imunisasi ini memiliki tujuan yang sa­ngat positif, dalam memerangi penyakit polio. (h/dil)

Baca Juga : Kembangkan Sektor Pariwisata, Bupati Andri Warman Lirik Tiga Kawasan Ini

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]