Menuju Adiwiyata Nasional

Man X Koto Singkarak Berbenah


Selasa, 15 Maret 2016 - 03:02:02 WIB
Man X Koto Singkarak Berbenah

AROSUKA, HALUAN — Meski Sekolah MAN X Koto Singkarak selama ini belum terkenal dengan segudang pres­tasi, namun di tahun 2016 sekolah ini menargetkan dapat meraih penghargaan sebagai sekolah ber­wawasan lingkungan atau adiwiyata tingkat nasional. “Untuk mencapai target itu keluarga besar MAN X Koto Singkarak sejak beberapa bulan lalu terus berbenah diri agar ling­kungan sekolah menjadi asri,” kata Kepala MAN Yulfentri Spd MM, Sabtu, (12/2).

Menurut Yulfentri yang juga didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Zul Haida,Spd pembenahan dilaku­kan mulai dari segi fisik hingga mental siswa untuk membentuk siswa yang sa­dar akan lingkungan sehat dan bersih. Dari segi fisik kata dia, pembenahan paling men­colok dilakukan terutama dalam penyediaan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. “Selama ini sampah hanya ditumpuk di satu lokasi saja, namun seka­rang dibuatkan bak-bak penam­pungannya,” bebernya.

Baca Juga : Polres Agam Beri Sanksi 8 Orang Karena Langgar Prokes

Selain itu per­baikan saluran-saluran air juga terus dikerjakan. Tak hanya itu, kegiatan ber­wawasan lingkungan terus dilakukan. Agar pembenahan ber­jalan sesuai yang diinginkan, pihaknya juga membentuk ke­lompok kerja- adiwiyata yang difasilitasi peralatan dan ruang masing-masing. “Yang menggembirakan kelompok kerja ini juga me­miliki program kerja yang sama yakni mendukung sekolah untuk meraih adi­wiyata nasional,” tambah kepala sekolah.

Pihaknya juga me­ma­sang spanduk dan pamflet berisi himbauan se­bagai pengingat bagi siswa agar selalu cinta ling­kung­an, sebagai upaya me­ning­katkan kesadaran bagi siswa dalam menerapkan program ini. Selain itu kata dia, semua kom­ponen harus bergerak, se­hingga organisasi-organisasi di sekolah seperti OSIS, Forum Studi Islam, diberi tang­gung­jawab untuk merawat taman-taman yang ada di sekolah. “Menum­buhkan kesadaran siswa akan pen­ting­nya lingkungan yang bersih, menjadi kendala tersendiri yang mesti kami benahi secara bertahap,” katanya. (h/ndi)

Baca Juga : Sempat Tertutup Longsor, Ruas Jalan Provinsi di Agam Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]