Wabup : Vaksin Polio untuk Generasi Sehat


Selasa, 15 Maret 2016 - 03:06:03 WIB
Wabup : Vaksin Polio  untuk Generasi Sehat Ny. Yulfadri Nurdin didampingi Wabup Solok meneteskan vaksin Polio kepada balita, menandai pencanangan dimulainya pekan imunasisi nasional (PIN) polio di Singkarak, Selasa ( 8/3). (YUTIS WANDI)

AROSUKA, HALUAN — Pemberian vaksin polio diharapkan mencegah ma­syarakat dari ancaman pe­nyakit polio dan cacat tu­buh, sehingga muncul ge­nerasi muda yang sehat dan kuat di masa mendatang. Hal ini ditegaskan oleh Wakil Bupati Solok Yul­fadri Nurdin ketika men­canangkan program sukses Pekan Imunisasi Na­sional (PIN) polio di Pus­kesmas Singkarak, Keca­matan X Koto Singkarak pada Se­lasa (8/3).

Pada acara yang dirang­kai dengan peresmian pe­ma­kaian gedung baru Pus­kesmas Singkarak itu, Wa­bup mengimbau masya­rakat un­tuk menyukseskan pelak­sanaan PIN Polio dengan beramai-ramai mem­bawa anaknya yang berusia 0 - 59 bulan ke pos pelayanan yang ditentukan. “ PIN polio me­ru­pakan salah satu program bidang kesehatan yang paling efek­tif dalam pembangunan kesehatan masyarakat,” katanya.

Baca Juga : PKKM Sumbar 2020, Sembilan Kepala Madrasah Agam Masuk 10 Besar

Utamanya dalam pe­ngen­dalian penyakit yang dapat dicegah dengan imu­nisasi atau PD3I sesuai target pemerintah pusat sebanyak lima juta bayi di Indonesia. Kegiatan PIN polio yang dilaksanakan secara nasional ini seka­ligus sebagai upaya mitigasi dalam memberikan perlin­dungan yang optimal terha­dap penyakit polio. “Jadi bawalah anak balita kita ke pos PIN terdekat untuk memperoleh vaksin polio dari petugas kesehatan yang sudah ditugaskan,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan setempat, Mirsal mengatakan tera­khir kali kasus polio dite­mukan pada 1997, namun pada 2005 ditemukan kasus polio importasi.Dari kasus itu kemudian berkembang menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) yang me­nye­rang 305 orang di seluruh Indonesia pada 20­05. Se­hingga dilak­sanakanlah pencanangan PIN polio secara serentak di seluruh Indonesia.

Baca Juga : DLH Kabupaten Pessel: Kepekaan Siswa Secara Dini Terhadap Ancaman Lingkungan Perlu Dilakukan

Ia menyebutkan sasa­ran utama pemberian vak­sin polio adalah semua anak berusia 0 - 59 bulan tanpa memandang status imunisasinya.”Pemberian vaksin polio ini dilak­sana­kan di puskesmas, puskes­mas pembantu, posyandu, klinik swasta serta rumah sakit,” tutupnya. (h/ndi)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]