Lima Formatur Sama-sama Berambisi

Ketua PAN Sumbar Bakal Dipilih Pusat?


Selasa, 15 Maret 2016 - 03:35:09 WIB
Ketua PAN Sumbar Bakal Dipilih Pusat?

PADANG, HALUAN — Pe­milihan ketua DPW PAN Sumbar, terancam akan di­lakukan oleh DPP PAN. Pa­salnya, lima orang formatur yang dihasilkan melalui Mus­wil PAN Sumbar beberapa waktu lalu, sama-sama be­rambisi untuk menjadi ketua. Bahkan dua kali pertemuan tak juga kunjung me­ng­ha­silkan putusan.

Sesuai aturan, kelima formatur harus menentukan siapa nantinya yang akan jadi ketua. Namun yang terjadi, setelah DPW memberikan tenggat waktu satu minggu untuk memusyawarahkan siapa yang akan ditunjuk jadi ketua, sekretaris, dan ben­dahara belum menemukan kesepakatan.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 26 Februari 2021

Padahal dalam kurun wak­­tu satu minggu tersebut, lima orang formatur ini sudah me­lakukan dua kali per­te­muan untuk mencapai kata kesepakatan.

Seperti halnya yang di­sampaikan oleh salah satu formatur Guspardi Gaus, ia mengatakan sudah m­e­l­a­ku­kan pertemuan dua kali de­ngan empat anggota lainnya. Namun pada perembukan tersebut masing-masing ber­ke­inginan untuk menjadi ketua.

Baca Juga : Sosok Pengusaha Batu Bara Perempuan Asal Sumbar, Mulai Bisnis dari Umur 18 Tahun

“Semuanya mempunyai tekad untuk memajukan dan mem­besarkan partai, ma­kanya belum ada kata sepa­kat,” ungkapnya, Senin (14/3).

Belum dicapainya ke­se­pa­katan tersebut, maka kelima formatur meminta per­pan­jangan waktu satu minggu untuk merembukkan kembali dan menentukan siapa yang akan menduduki jabatan ke­tua. Ia juga mengakui, me­mang kalau menurut me­ka­nisme yang ada jika tidak ditemui kesepakatan maka pe­milihan akan menjadi ke­wenangan pusat. 

Baca Juga : Wujudkan GCG, Perumda AM Kota Padang Kunjungi BPKP Sumbar

Namun, ia tetap optimis untuk mencapai titik temu dan berharap dalam kurun waktu satu minggu ini akan diperoleh ketua, sekretaris, dan bendaharanya. Ia juga yakin, pemilihan ketua ini akan di putus oleh lima orang formatur dan tidak sampai ke pusat.

Sementara itu, Indra Da­tuak Rajo Lelo yang juga salah satu formatur mengatakan hal yang senada, bahwa dari hasil per­temuan yang digelar be­lum didapatkan kesepakatan untuk penunjukkan satu orang ketua. “Kita sudah lakukan rapat dan kelimanya ingin menjadi ketua,” ujarnya.

Baca Juga : Ditinggal Pasangannya Mahyeldi, Hendri Septa: Selamat Bertugas Pak Gubernur!

Ia juga menyatakan ke­sia­p­an­nya untuk melakukan kemajuan dan perubahan be­sar untuk partai, jika memang diberikan kepercayaan dan persetujuan dari formatur lainnya untuk menjadi ketua. ia juga merasa mampu untuk memajukan partai, dan mem­bawa perubahan untuk partai ke depannya.

“Namun, kalau memang tidak juga di dapatkan kese­pakatan tentunya pemilihan akan kita serahkan ke DPP pusat,” pungkasnya.

Selain kedua nama di atas, ada tiga nama beken lainnya yang mengincar kursi BA 1 PAN ini, yakni Fauzi Bahar (eks Wako Padang), Taslim (Eks anggota DPR RI), dan Ali Mukhni (Bupati Padang Pariaman). (h/rin)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]