Penjarah Aset Pengolah Timah Ditangkap


Selasa, 15 Maret 2016 - 11:44:22 WIB
Penjarah Aset  Pengolah Timah  Ditangkap

PASAMAN, HALUAN — Polisi Resor Pasaman me­nang­kapan pelaku pen­jara­han aset milik PT Meranti Mas Pratama yang terletak di Batang Lubu Nagari Ko­ta­nopan Rao Utara Ka­bu­paten Pasaman. Perusahaan milik pengusaha asal Cina itu, dilaporkan sudah tidak aktif lagi. Karena itu, sekitar 12 orang warga setempat, tergerak untuk mengambil aset-aset milik perusahaan senilai Rp31 miliar.

Kapolres Pasaman AK­BP Agoeng Suryo­negoro Widajat melalui Kasat­res­krim AKP Syaiful Zubir membenarkan peristiwa tersebut, terjadi pada Jumat (11/3). Menurut penye­li­di­kan pihak kepolisian, pe­nga­kuan dari para pelaku penjarahan itu mengaku telah berulang kali mela­kukannya.

Baca Juga : Dengarkan Aspirasi Masyarakat Kudu Gantiang Barat Padang Pariaman, Leonardy Harmainy: Ancaman Hama Harus Dicarikan Jalan Keluarnya

Kata Kasatreskrim, bela­san pelaku itu secara terang-terangan menjarah dan me­rusak pabrik tersebut secara berulang-ulang. Pernah di­tegur oleh pengawas, namun pengawas diancam sehingga pengawas tidak bisa berbuat apa-apa. “Pengawas alat-alat pabrik tidak berani melapor ke polisi, karena diancam oleh belasan pelaku,” sebutnya.

Dari tangan Suhardi, polisi menyita barang buk­ti berupa besi lempeng mesin pengolah timah se­berat 5 ton, sementara 5 ton besi lempeng hasil tadah itu su­dah dijualnya ke Medan, Provinsi Suma­tera Utara. Kini, penyidik sedang me­me­riksa ter­sang­ka secara intensif di Ma­polres Pa­sa­man.

Baca Juga : Pekan Pertama Jadi Bupati Pasaman, Benny Utama Kebut Pembangunan 

“Saya baru dua kali membeli barang-barnag ter­sebut, Pak. Saya tidak tahu kalau itu barang curian,” kata pelaku Suhardi (46). Menurut Suhardi, ia mem­beli besi lempeng dari tiga orang pelaku sebanyak 10 ton dengan harga Rp1600 per kilogram.

Sementara itu, menurut pengakuan pengawas tam­bang timah tersebut, “Saya baru melapor ke Polres Pasaman, 2 Maret 2016 lalu dengan LP Nomor 23/III/2016, 2 Maret 2016,” kata Pengawas Tambang Timah PT. MMP, Hasan. (h/col).

Baca Juga : Akhir Pekan Hujan Diprediksi Guyur Sejumlah Objek Wisata Sumbar 

 

 

Baca Juga : Waspadalah! Gelombang Tinggi hingga 5 Meter Berpotensi Terjadi di Perairan Sumbar

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]