Pemkab Meranti Minta Bantuan Rp1 Triliun


Rabu, 16 Maret 2016 - 02:45:18 WIB
Pemkab Meranti Minta Bantuan Rp1 Triliun Rapat program APBD Perubahan 2016 mendatang di Riau.

PEKANBARU, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Ke­pulauan Meranti meminta bantuan sekitar Rp1 triliun kepada DPRD Riau. Ban­tuan akan difokuskan untuk pembangunan infrastruktur.

Hal itu disampaikan Wa­bup Kepulauan Meranti, Said Hasyim, usai mela­kukan pertemuan dengan DPRD Riau, Senin (14/3) di ruang medium. Rombongan Pemkab Meranti dipimpin Wakil Bupati, Said Hasyim. Pertemuan dipimpin Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo.

Baca Juga : Keren! Kawasan Danau Maninjau Diusulkan Jadi Wisata Unggulan Nasional

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Said Hasyim, menjelaskan, per­temuan Pemkab Kepulauan Meranti dengan DPRD Ri­au untuk melakukan sha­ring. Apalagi, Dana Bagi Hasil (DBH) Migas dipo­tong lagi dari  Rp400 miliar menjadi Rp200 miliar.

“Kami Pemkab beru­paya menutupi kekurangi dana menurunnya DBH ini dari bantuan Provinsi dan APBN. Kita sharing pen­dapat dan usulkan kira-kira apa dapat diakomodir me­lalui APBD Pemprov Riau,” ungkap Said, kepada war­tawan kemarin.

Baca Juga : Sandiaga Uno Sebut Ajakan Presiden Cintai Produk Lokal Bisa Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Disebutkannya, dana anggaran yang diusulkan Pemkab hampir untuk se­mua bidang, paling pokok infrastruktur dan baru ma­suk 7 tahun dan sebagai daerah paling terisolir di Riau. “Kita minta bantuan totalnya capai Rp1 triliun dan fokus untuk infras­truk­tur,” terang Said.

Lebih lanjut, Said men­je­laskan, indeks kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Meranti sangat tinggi, ham­pir 34 persen dan sebe­lumnya sebesar 54 persen. “Infrastruktur masih sangat kurang.

Baca Juga : Dampak Pandemi Covid-19, Hanya Seorang Wisman Kunjungi Riau

Kita usulkan Jalan Meng­kikip, Selat Panjang, karena kondisi alam putus. Sehingga, Roro Buton ke Kampung Balak terganggu,” terang Said.

Menanggapi ini, Wakil Ketua DPRD Riau, Su­nar­yo, menyebutkan, pihak DPRD Riau akan berupaya mengakomodir permintaan dari seluruh kabupaten dan kota yang ada di Riau. Dise­butkannya, pertemuan de­ngan Pemkab ini kedua ka­linya audiensi Pemerintah kabupaten dan kota dengan DPRD Riau. Sebelumnya Kota Dumai.  (h/hr)

Baca Juga : Grand Launching COE Pariaman Festival 2021 Dihelat di Pekanbaru

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]