Didukung Peralatan Medis Canggih

SPH Terima Pasien Osteoarthritis


Rabu, 16 Maret 2016 - 03:03:34 WIB

PADANG, HALUAN — Pe­riksakanlah diri Anda ke dok­ter jika gejala-gejala osteoar­thritis yang Anda alami tidak kunjung reda selama beberapa minggu. Pemeriksaan akan memungkinkan dokter untuk mengetahui penyebabnya jika belum terdiagnosis atau me­ngetahui tingkat ke­pa­rahan­nya jika sudah terdiagnosis.

Semen Padang Hospital (SPH) memiliki layanan ung­gulan Orthopedi (Bedah Tu­lang) yang bisa menangani dan mencegah dari penyakit, gangguan dan kondisi sistem kerangka otot, penyakit atau kerusakan (termasuk trauma) tulang dan sendi termasuk osteoarthitis. Salah satunya untuk osteoarthritis, pasien dapat melakukan pe­me­rik­saan Artroskopi, yaitu tin­dakan melihat bagian da­lam sendi menggunakan ka­mera dengan lensa fiber optik m­elalui sayatan kulit yang sangat kecil.

Dalam siaran pers SPH yang diterima Haluan be­berapa waktu lalu, didukung peralatan medis canggih, la­yanan orthopedi juga sudah dapat melakukan operasi pe­ngantian tulang sendi buatan atau dikenal dengan arthro­plasty, yang dilakukan lang­sung oleh 2 dokter spe­sialis bedah tulang yakni, dr. Rizky Rahmadian, Sp.OT (K) dan dr. Mensyuknil Hasra, Sp.OT.

Jadwal pelayananan pa­sien orthopedi ini hadir setiap hari senin singga sabtu, Anda juga dapat melakukan pe­meriksaan penunjang untuk layanan orthopedi di Semen Padang Hospital seperti Ul­tra­sonografi, X-Ray, MRI 1,5 Tesla, CT scan 64 slice, fi­sioteraphy dan pemeriksaan laboratorium.

Menurut dr. Mitra Vir­gusrudhina nyeri sendi terjadi akibat adanya radang pada sendi (osteoarthritis). Me­mang, sebagian orang awam mengatakan hal ini sebagai pengapuran.”Jadi osteoar­thritis itu merupakan radang pada sendi atau kerusakan pada tulang rawan sendi. Pe­nyakit ini dapat terjadi pada seluruh sendi, baik sendi kecil maupun sendi yang be­sar di antara dua tulang” jelas dr. Mitra.

Penanganan osteoar­thritis tergantung pada stadiumnya. Misalnya, dengan mela­kukan cara suntik pada pasien osteoarthritis, namun hal ini hanya bisa untuk pasien dengan sta­dium awal. Metode ini bukan untuk sta­dium lanjut. Lantaran os­teoar­thritis tidak dapat di­sem­buh­kan dan belum ada obat­n­ya, maka yang perlu dilakukan adalah me­ngurangi berat badan dan modifikasi life style serta jangan melakukan aktivitas yang high impact, jika memang sudah tahu ada osteoarthritis.

“Bagi mereka yang pernah cedera, karena yang pernah cedera lebih bahaya untuk osteoarthritis, tangani dengan benar cederanya sehingga tidak ada osteoarthritis se­kunder. Untuk yang primer, ku­rangi berat badan dan ku­rangi aktivitas high impact,” saran Humas SPH. Pe­na­nga­nan yang dilakukan bertujuan untuk mengurangi gejala agar pasien bisa tetap beraktivitas dan menjalani kehidupan secara normal. (h/rel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 05 Januari 2016 - 03:25:40 WIB
    Terobosan 2016

    SPH Tambah Fasilitas Pelayanan Kesehatan

    SPH Tambah Fasilitas Pelayanan Kesehatan PADANG, HALUAN — Semen Padang Hospital (SPH) siap menatap 2016 dengan berbagai fasilitas kesehatan baru dan lebih lengkap..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM