Harga Sembako Naik, Masyarakat Terpekik


Rabu, 16 Maret 2016 - 03:05:59 WIB
Harga Sembako Naik, Masyarakat Terpekik

PADANG, HALUAN — Cu­a­­ca buruk di beberapa da­erah penghasil sembako me­ngakibatkan harga sembako melambung. Harga tersebut mem­buat masyarakat khu­sus­nya ibu rumah tangga terpekik.

Pantauan Haluan, Sela­sa (15/3) di Pasar Raya Pa­dang, harga cabai merah saat ini berada pada kisaran Rp60.­000 per kg dari harga se­belumnya berkisar Rp50.­000 per kg ditingkat pe­ngen­cer.

Baca Juga : Diskon PPnBM Menggiurkan, Apakah Ini saatnya Beli Mobil?

Sedangkan harga cabai hi­jau saat ini juga merang­kak naik berada dikisaran har­­ga Rp40.000 per kg di­ban­­­ding harga sebelumnya Rp30.000 per kg. Hal yang sa­ma terjadi untuk harga ca­bai rawit dengan harga Rp40.000 per kg.

Sementara itu, harga ba­wang putih be­rada pada ki­saran Rp28.000 per kg. Ke­mudian harga tomat saat ini naik cukup ting­gi, yakni berada dikisaran harga Rp­12.000 per kg. Demikian juga dengan harga kentang yang masih mahal dengan harga Rp9.000 per kg hingga Rp10.000 per kg.

Baca Juga : Bank Nagari Luncurkan QRIS Puskesmas dan Serahkan CSR Berupa Dua Unit Mobil untuk Pelayanan Kesehatan  di Padang

Pedagang Sembako di San­dang Pangan Inpres I, Edy mengatakan, pasokan sem­­bako di beberapa pe­ma­sok saat ini sedang ter­ken­dala pasokannya akibat cua­ca buruk di beberapa daerah penghasil sembako. Hal itu me­ngakibatkan naiknya har­ga sembako.

“Rata-rata harga bahan po­kok saat ini sedang naik. Sa­lah satu penyebabnya cua­ca bu­ruk jadi hasil panen pe­tani gagal,” lanjutnya.

Baca Juga : Asal Diperlakukan Manusiawi, Pedagang Dukung Pembangunan Pasar Induk

Seorang pembeli sem­ba­ko­ yang sedang ber­be­lanja, Ami (35) mengatakan, ia ka­get dengan harga cabai me­rah khususnya karena cabai me­­­rupakan bahan po­kok yang mau tak mau harus dibeli.

“Cabai merah, bawang, to­mat, kentang semuanya ma­hal. Tapi yang paling mem­bingungkan harga ca­bai merah mahal. Jadi ter­paksa pembelian dan pema­kai­an dikurangi,” katanya. (h/win)

Baca Juga : Rupiah Ditutup Menguat Lawan Dolar AS Rabu Sore

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]