Pertama Kali di Indonesia

Dispora Sumbar Gelar Pekan Olahraga Beladiri


Rabu, 16 Maret 2016 - 03:19:41 WIB
Dispora Sumbar Gelar Pekan Olahraga Beladiri

PADANG, HALUAN — Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Barat menggelar Pekan Olahraga Beladiri. Tahap awal yang digelar adalah cabang tinju, 14-17 Maret di gedung beladiri KONI Sumatera Barat. Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya di Sumatera Barat maupun di Indonesia.

“Baru Dispora Sumbar yang menggelar kegiatan Pekan Bela Diri ini di seluruh In­donesia,”ujar ketua pelaksana Pekan Olahraga Bela Diri ini, Rasydi Sumetry, kemarin.

Baca Juga : Izin Sudah Keluar, Laga Uji Coba Timnas SEA Games akan Dilanjutkan

Latar belakang diadakan Pekan Olahraga Bela Diri ini adalah cabang tinju merupakan salah satu cabang yang memberikan kontribusi kepada Sumbar dalam ajang PON 2012 lalu. “Pada PON lalu Sumbar berhasil meraih dua medali emas, dan pada PON tahun 2016 ini mampu meloloskan tujuh petinju,”ungkapnya lagi.

Untuk jumlah peserta sendiri sebanyak 85 orang yang berasal dari 14 kabupaten dan kota yang berada di Sumatera Barat. “Daerah yang tidak mengirimkan pesertanya adalah Bukitt­inggi, Agam, Dharmasraya, Limapuluhkota dan Kepulauan Mentawai,”paparnya.

Baca Juga : Tim Divhumas Polri Cek Kesiapan PON XX Papua, Venuenya Sejuk

Jumlah kelas yang dipertandinkan adalah sebanyak enam kelas putra yaitu 46 Kg, 49 Kg, 52 Kg, 56 Kg, 60 Kg dan 64 Kg. Untuk putri sendiri juga mempertandingkan enam kelas yaitu 45 Kg, 48 Kg, 51 Kg, 54 Kg, 57 Kg dan 60 Kg. “Atlet yang bertanding adalah kelahirah tahun 1999 kebawah atau pesertanya adalah yang masih pelajar,”ungkapnya.

Sementara itu ketua Pengprov Pertina Sumbar Togi Tobing mengharapkan kegiatan ini bisa rutin untuk digelar. “Dengan rutin kegiatan ini digelar tentunya akan banyak memunculkan bibit-bibit petinju yang handal di Sumatera Barat,”ujar ketua Pertina Sumbar Togi Tobing, kemarin. Dengan adanya kejuaraan tinju yang berkelanjutan, Togi mengatakan kalau Sumbar bisa menjadi kiblat tinju nansional nantinya. “Untuk semua petinju yang bertanding harus bisa memanfaatkan kegiatan seperti ini dengan sebaik mungkin,”ungkapnya.

Baca Juga : Terkait Laga Sepakbola, Polisi Sarankan PSSI Kerjasama dengan Satgas Covid-19

Kegiatan sendiri dibuka secara resmi oleh Kadispora Sumatera Barat yaitu Priady Syukur, Selasa (15/3) di gedung beladiri KONI Sumbar. Dalam pembukaan tersebut juga turut dihadiri oleh perwakilan KONI Sumbar yaitu Waketum II Handrianto dan perwakilan sejumlah pengurus Pengprov Pertina Sumbar. (h/san)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]