Nagari Lubuak Malako

Fokus Peningkatan SDM dan Keagamaan


Rabu, 16 Maret 2016 - 03:37:48 WIB
Fokus Peningkatan SDM dan Keagamaan

SOLSEL, HALUAN — Na­gari Lubuk Malako, Keca­matan Sangir Jujuan, Solok Selatan (Solsel) fokus da­lam pengembangan sumber daya manusia dan bidang keagamaan.

Untuk mewujudkan pro­gram tersebut, pihak nagari melalui dana desa tahun 2016 menjalin ker­jasama dengan pihak Uni­versitas Andalas. “Pertama kita membuat buku terkait sejarah, budaya atau profil nagari. Kemudian, mela­kukan seleksi seluruh ja­jaran layaknya tes seleksi atau recruitment pegawai negeri sipil yang nantinya juga melibatkan pihak uni­versitas,”kata walinagari Lubuk Malako, Riono Pen­dri saat ditemui diruang kerjanya, (15/3).

Baca Juga : Wagub Sumbar Serahkan Piala kepada Pemenang Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi

Selain itu menurutnya, karena tingginya perhatian ke­menterian agama (ke­menag) terhadap masya­rakat nagari atas dasar, salah satunya nagari yang me­miliki sekolah madrasah tingkat dasar hingga tingkat atas di Solsel. Maka, melalui kemenag akan didirikan rumah pondok Alqur’an.

Diharapkan, dengan ada­nya program tersebut mampu mendorong pening­ka­tan SDM. “Sehingga nan­ti­nya, tidak ada lagi pan­dangan masyarakat yang be­kerja di kantor walinagari me­rupakan titipan atau yang ber­kepentingan. Se­lan­jut­nya, pemahan generasi mu­da akan sejarah dan nilai budaya yang ada bisa diles­tarikan melalui buku yang dibagikan,”katanya.

Baca Juga : Besok, Gubernur-Wagub Sumbar Divaksin Covid-19

Setidaknya, dengan tiga program tersebut diang­garkan dana sekitar Rp.100 juta. “Untuk buku, akan dicetak sebanyak 100 ek­sam­pler dan dibagikan ke­pa­da murid atau pelajar yang ada dikanagarian Lubuk Malako,”terangnya.

Setelah proses seleksi pegawai nagari nanti, kata­nya, pihaknya akan mem­buatkan pakta integritas. Dimana, setelah lulus selek­si sesuai bidangnya bersedia bekerja selama tiga tahun dan tidak boleh melakukan tes atau seleksi di instansi lain.”Artinya, selama tiga tahun tersebut harus me­ngab­di total atau bekerja hanya di kantor nagari Lu­buk Malako,”tandasnya. (h/jef)

Baca Juga : Pembayaran Ganti Rugi Terdampak Jalan Tol Padang-Pekanbaru Ditargetkan Selesai Juni 2021

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]