FKPM Berperan Ciptakan Keamanan dan Ketertiban


Rabu, 16 Maret 2016 - 03:38:01 WIB
FKPM Berperan Ciptakan Keamanan dan Ketertiban

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Forum Ke­mit­raan Polisi dan Masyarakat (FKPM) diyakini mampu ber­pe­ran dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah ini. Makanya, Pemkab Limapuluh Kota, sangat mendukung pem­bentukan forum tersebut hingga ke tingkat nagari-nagari bahkan jorong se­kali­pun.

“Kita sangat mendukung pembentukan FKPM, juga akan mendukung acara pelan­tikan FKPM kecamatan dan nagari yang  akan dilak­sana­kan di aula kantor bupati ini akhir Maret mendatang,” ujar Bupati Irfendi dihadapan para pengurus FKPM Kabupaten Limapuluh Kota, di ruang kerja bupati, kemarin.

Baca Juga : 18 Legislator Dharmasraya Mangkir Sidang dengan Bupati, Ternyata Ini Alasannya

FKPM harus benar-benar berperan menjadi wadah bagi polisi dan masyarakat untuk berbagi informasi dan ber­konsultasi tentang berbagai permasalahan sosial di tengah masyarakat terutama yang berkaitan dengan persoalan keamanan dan ketertiban. “Kita optimis FKPM akan punya kontribusi positif dalam masalah keamanan dan mela­kukan pencegahan dan pe­nanggulangan gangguan kea­manan di tengah masyarakat.

Ketua FKPM Limapuluh Kota, Awaludin Cuncun yang dihubungi wartawan terpisah mengatakan, forum ini me­miliki peranan sebagai per­panjangan tangan polisi di tengah masyarakat. Selain itu, juga menjadi mediator antara masyarakat dengan po­lisi. Tugasnya dalam konteks preventif melakukan penyu­luhan narkoba dan penyakitn masyarakat lainnya.

Baca Juga : Melalui Pemetaan Lingkungan, Kabupaten Pessel Maksimalkan Pencegahan Penyakit Menular

Dikatakan, dalam konteks persuasive forum ini diha­rapkan dapat menhyelesaikan persoalan tindak pidana ri­ngan (Tipiring) yang terjadi di tengah masyarakat. Tak kalah pentingnya, FKPM juga ikut berpatisipasi dalam meng­antisipasi radikalisme dan terorisme. Untuk kasus Ti­piring sperti maling ayam, perselisihan anak kemenakan, perkelahian antara anak dan perkara ringan lainnya akan diselesaikan oleh FKPM tingk­­at nagari,” ujarnya.

FKPM sudah ada di da­erah ini sejak dua tahun bela­kangan. Rencananya dalam waktu dekat akan melantik FKPM Kecamatan serta akan membentuk di setiap nagari dan di tingkat jorong. Bahkan di beberapa nagari seperti di Kecamatan Situjuah Limo Nagari dan Kecamatan Luak. (h/zkf)

Baca Juga : Wakil Bupati Pessel: Proses Keluar Hasil Tes Swab PCR Harus Dipercepat

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]