Delapan Ahli Waris PNS Terima JKM


Rabu, 16 Maret 2016 - 03:43:08 WIB
Delapan Ahli Waris PNS Terima JKM Walikota Riza Falepi bersama Kepala PT Taspen Bukittinggi dan Kepala BKD, foto bersama dengan delapan ahli waris PNS pemko yang meninggal dunia. (ZUL)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Delapan ahli waris PNS yang ditinggal orangtua mereka, boleh bernafas le­ga. Pemko Payakumbuh, bekerjasama dengan PT Taspen, menyediakan san­tunan Jaminan Kematian (JKM) terhadap PNS yang meninggal. Besarannya ber­variasi, sesuai dengan masa dinas PNS yang meninggal. Pemko melalui Dinas Pen­dapatan Pengelola Keua­ngan dan Aset meng­anggar­kan dalam APBD, 0,54% dari gaji pokok setiap PNS, untuk disetorkan ke PT Taspen buat JKM dimaksud.

Walikota H. Riza Falepi menyerahkan santunan JKM tersebut kepada ahli waris dari delapan PNS yang meninggal per 1 Juli  2015, sesuai dengan PP No. 70 Tahun 2015, tentang JKM dan JKK (Jaminan Ke­ce­lakaan Kerja). Total dana yang diserahkan, setelah diterima dari Kepala PT. Taspen Bukittinggi Andi Purwandi, Rp230 juta lebih. Penyerahan dilakukan da­lam acara di aula Balaikota, Selasa kemarin

Baca Juga : Muncul Kabar Simpang Siur, Kominfo Sumbar Beri Klarifikasi Terkait Perkembangan Jalan Tol Padang-Pekanbaru

Santunan terdiri dari, JKM Rp15 juta/orang, uang pemakaman Rp7,5 juta/orang serta uang duka tiga kali gaji pokok PNS yang meninggal dunia, sesuai dengan masa kerja yang bersangkuitan. Ahli waris dari 8 PNS tersebut keba­gian, terendah Rp27 juta dan tertinggi Rp35 juta lebih.

Delapan PNS Paya­kum­buh yang meninggal itu adalah Muslim (Penjaga Sekolah pada SMP Negeri 8), Hariyanto (Sekretaris Kelurahan Parit Rantang, Payakumbuh Barat), Pas­rizal, S.Pd (Guru Madya pada SMPN 4), Mulyadi, S.Pd (Guru Pertama SD Negeri 27), Drs. H. Rus­wandi, S.Pd (Guru Madya pada SMKN 3), Andrizon, SPd (Guru Pertama pada SD Negeri 48), Farida Er­mita, S.Pd. Ind (Guru Mad­ya pada SMPN 5), dan Su­dirman (Fungsional Umum pada Inspektorat).

Baca Juga : Mahyeldi: Pembangunan Monumen Nasional Bela Negara Harapan Masyarakat Sumbar

Dalam sambutan sing­katnya, walikota meng­ingat­kan kepada para ahli waris yang menerima santunan, agar dana tersebut diman­faatkan sebaik-baiknya. “Ja­ngan sampai dibelanjakan untuk hal-hal yang konsum­tif semata, tapi digunakan untuk yang urgen bagi pen­didikan atau buat hal yang bernilai ibadah lainnya,” pungkasnya. (h/zkf)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]