Datangi DPRD Sawahlunto

Sewa Kios Mencekik Pedagang


Rabu, 16 Maret 2016 - 03:45:20 WIB
Sewa Kios Mencekik Pedagang

SAWAHLUNTO, HALUAN — Beberapa orang perwakilan pedagang Pasar yang menghuni petak kios di kawasan pasar baru Sawahlunto, kembali mendatangi  Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sawahlunto. Mereka minta kejelasan  pengkajian  ulang tarif sewa kios yang  mahal.

Perwakilan Pedagang itu langsung diterima oleh Ke­tua Komisi II Bakrie dan Wakil Ketua DPRD setem­pat Weldison di gedung dewan setempat Selasa(15/3). Sebelumnya Puluhan pedagang pasar yang meng­huni petak kios di kawasan Pasar Sawahlunto, Kota Sawahlunto mengeluhkan tingginya sewa kios yang ditetapkan pemerintah kota itu, yang diberlakukan sejak 2013 lalu.Pedagang menilai sewa itu sangat mem­berat­kan ditengah lesunya jual beli seperti saat sekarang ini.

Baca Juga : Sebanyak 27.798 Orang di Sumbar Telah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Salah seorang perwa­kilan penghuni kios pasar tersebut, Syahril(42), me­nga­takan kenaikan tersebut dinilai terlalu tinggi hingga Rp100 ribu perbulan perpe­tak kios, atau naik 400 per­sen dari harga sewa yang ditetapkan sebelumnya, yakni Rp25 ribu per­bulan. Hal tersebut sangat mem­beratkan kami para peda­gang karena lesunya aktifitas jual beli, sehingga ke­un­tungan yang diperoleh ter­kadang hanya cukup untuk membiayai kebutuhan hi­dup sehari-hari mereka be­ser­ta keluarga. “Sebenarnya Keluhan ini sudah kami sampaikan kepada Peme­rintah Kota Sawahlunto serta pihak terkait lainnya pada 2014 lalu, sekaligus meminta keringanan berupa pengurangan harga sewa menjadi setengah dari nilai yang sudah ditetapkan, tapi hingga kini belum ada kete­tapan terkait permohonan mereka tersebut dari pihak Dinas Perindagkopnaker, selaku pengelola urusan pasar dan pedagang yang menempati lokasi ter­se­but,” ungkapnya

Menanggapi per­ma­sa­lahan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Sawahlunto, Weldison, didampingi Ke­tua Komisi II Bakrie me­nga­takan pihaknya mencoba memanggil pihak terkait termasuk dari perwakilan pedagang sendiri, dan akan mengagendakan pertemuan untuk dilakukan kajian men­dalam tentang tingkat rasionalitas harga sewa yang ditetapkan, sebagai pijakan awal dalam mencari jalan keluar terbaik bagi para pedagang pasar yang ada. (h/mg-rki)

Baca Juga : Positif Corona di Sumbar Bertambah 87 Orang, Total 29.467 Kasus

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]