H Amrizal Dt.Rajo Medan Serahkan Bantuan

Sawah Petani Dharmasraya Diasuransikan


Rabu, 16 Maret 2016 - 03:46:14 WIB
Sawah Petani Dharmasraya Diasuransikan Wabup H.Amrizal Dt.Rajo Medan didampingi Sekdin Pertahor, Ir.Herizon, mencoba salah satu peralatan pertanian sehabis diserahkan kepada petani melalui salah satu kelompok tani.(MARYADI)

DHARMASRAYA, HALUAN — Sebanyak 75 persen lahan persawahan di Kabupaten Dhar­masraya sudah diasuransikan oleh petani.  Dengan  itu maka apabila terjadi bencana yang di luar dugaan,  petani akan mendapat peng­gantian sebesar Rp 6 juta per hektar.

”Dengan sudah leng­kap­nya fasilitas yang ada pada petani maka diharapkan motivasi petani untuk ber­sa­wah akan lebih me­ning­kat,”ucap Wakil Bupati Dha­­­­r­­masraya, H.Amrizal Dt.Rajo Medan, Selasa (15/3), dalam acara penyerahan peralatan pertanian, di Ha­la­­man Dinas Pertanian Hor­­­tikultura, di Sungai Dareh.

Baca Juga : Waspada Angin Kencang 30 Knot Sampai Besok, dari Perairan Mentawai hingga Bengkulu

Dikatakannya, tidak ada lagi kekurangan fasilitas petani sawah di Kabupaten Dharmasraya ini lagi, semua peralatan yang dibutuhkan oleh petani sudah di bantu oleh pemerintah melalui kelompok tani.

Ia juga mengajak petani di Ranah Cati Nan Tigo ini untuk dapat membangun Dharmasraya bersama sama melalui pertanian dan ta­naman pangan ini.

Baca Juga : Bhabinkamtibmas Sawahlunto Turut Dorong Perkembangan UMKM

Apalagi saat ini lahan persawahan juga sudah di­asuran­sikan dengan hanya membayar Rp 34 ribu per hektar dalam satu kali masa tanam, maka apabila terjadi bencana diluar dugaan, ma­ka petani sudah mendapat penggantian sebesar Rp 6 juta per hektar.”Ini kan luar biasa, waktu saya bertani dulu tidak ada sampai di asuransikan, apabila di­han­tam banjir atau kekeringan, maka habislah semua,”tutur Wabup yang juga Ketua DPC Partai hanura Dhar­masraya ini.

Apabila masih ada ke­ku­rangan perhatian pe­me­rint­ah, maka petani atau ke­lom­pok tani dapat mem­berikan informasi kepada tenaga lapangan atau pen­yu­luh yang sudah di tunjuk untuk mendampingi petani.

Baca Juga : Leonardy Datang Berkunjung, Warga Sikucua Barat Keluhkan Akses Layanan Komunikasi

Karena katanya ke­seriu­san pemerintah untuk sur­plus beras tidak tanggung tang­gung, apapun yang di­minta petani terus di­penu­hi, mulai dari mesin bajak, mesin panen dan mesin rice­milling di berikan oleh pemerintah.

Bantuan peralatan per­tanian tahun 2016 ini, Pem­kab Dharmasraya men­ye­rah­kan bantuan 12 unit traktor roda dua, 14 unit Rice Tran­splanter, sedang­kan 2 unit traktor roda 4 saat ini sedang di perjuang­kan ke pemerintah pusat oleh Dis­per­tahor Dhar­mas­raya, ka­rena semua perala­tan ter­se­but berasal dari APBN. (h/mdi)

Baca Juga : Jelang Akhir Pekan, Cuaca Sumbar Mendominasi Cerah Berawan

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]