Target Sasaran Tersisa Lima Persen

16-18 Maret Sweeping Polio


Rabu, 16 Maret 2016 - 03:48:23 WIB
16-18 Maret Sweeping Polio

PADANG, HALUAN — Hingga hari terakhir Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 15 Maret, realisasinya  sudah mencapai 89,4 persen. Tersisa 5 persen lagi dari target. Sisanya akan dicapai dengan sweeping.

Sweeping akan dilak­sana­kan 16-18 Maret 2016. Sela­ma sweeping tersebut, Dinas Kesehatan akan mengunjungi rumah anak-anak yang belum terjangkau dalam pelak­sanaan PIN Polio.

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan SK Pengangkatan bagi 112 P3K di Lingkungan Pemko Padang Formasi 2019

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Eka Lusti  sweeping dilakukan bagi pos PIN yang tidak ter­capai. Di Kota Padang ada 868 Pos PIN yang tersebar di 22 puskesmas.

“Kita meminta bagi ma­syarakat yang memiliki anak balita agar membawa ke Pos PIN hingga 18 Maret. Kita masih memberikan kesem­patan, barangkali sakit atau ada halangan lain,”tutur Eka Lusti.

Baca Juga : 112 Orang Terima SK Pengangkatan di Lingkungan Pemko Padang, Terbanyak Formasi Guru

Ia menambahkan, di Kota Padang target yang diberikan oleh pemerintah pusat adalah 95 persen, sementara target yang diberikan oleh Kota Padang mencapai 100 persen.

“Jumlah sasaran yang di­tar­getkan mengikutinya ada­lah sebanyak 81.994 anak. Data kita di daerah hanya 80.085 anak,”jelasnya lagi.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 05 Maret 2021

Sementara itu pelak­sana­an PIN Polio sampai Selasa (15/3) di Kecamatan Koto Tangah Padang sudah men­capai 95,8 persen. Puskesmas Air Dingin menjadi puskes­mas dengan pencapaian ter­besar di wilayah Koto Tangah Padang, sebesar 110 persen dari 2.318 sasaran balita.

“Kelebihan jumlah sasaran sekitar 232 balita disebabkan adanya warga yang tinggal di luar wilayah kerja puskesmas, “ujar Kepala Puskesmas Air Dingin, dr Citra.

Baca Juga : Sebanyak 2.500 Pedagang Pasar di Kota Padang Divaksinasi

Puskesmas Ikur Koto de­ngan wilayah kerja Kelurahan Koto Panjang Ikua Koto dan Kelurahan Koto Pulai sudah berhasil mengimunisasi Polio 95,75 persen persen dari 1.­319 sasaran

Kepala Puskesmas Ikur Koto, dr. Rini Zulfianty, mengatakan bahwa belum tuntasnya PIN Polio di wila­yah ini disebabkan balita yang ditemui petugas tidak berada ditempat.

Sementara itu, Puskesmas Anak Air yang mencakup Kelurahan Padang Sarai dan Kelurahan Batipuh Panjang sudah melakukan imunisasi Polio terhadap 96,6 persen dari 2.946 sasaran balita.

Kepala puskesmas, May Happy bersama petugas dan kader posyandu, melakukan jemput bola terhadap balita yang belum mendapat imu­nisasi Polio.

Sedangkan data yang Ha­lu­an dapatkan melalui Ko­ordinator Imunisasi Pus­kes­mas Lubuk Buaya, Lin­dawati, AMd. Keb, capaian PIN Polio di wilayah kerja puskesmas sampai hari Senin (14/3) sudah 80,8 persen dari 9.372 sasaran balita. (h/mg-fyt/ows)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]