Hari Ini, Gedung Polda Sumbar Diresmikan


Rabu, 16 Maret 2016 - 04:09:31 WIB
Hari Ini, Gedung Polda Sumbar Diresmikan GEDUNG Polda Sumbar yang megah ini akan diresmikan pada Rabu (16/3) ini. (RIVO SEPTI ANDRIES)

PADANG, HALUAN - Hari ini, Rabu (16/3) gedung baru Polda Sumbar akan diresmikan oleh Kabaharkam Mabes Polri, Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Drs. H. Putut Eko Bayu Seno, SH.

“Kami sudah sangat siap dalam peres­mian gedung Polda Sumbar, dan kami ucapkan selamat datang sebelumnya kepada Kabaharkam Mabes Polri yang telah ber­sedia meluangkan waktunya untuk datang ke Kota Padang dalam rangka peresmian gedung Polda Sumbar yang baru,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumbar, AKBP Syamsi kepada Haluan, Selasa (15/3)

Syamsi me­nga­takan, gedung ini nan­tinya akan lang­sung ditempati oleh selu­ruh jajaran Pol­da Sumbar.

Ketika dikon­fir­masikan ter­kait adanya kekurangan dan apa yang perlu ditambah dari gedung Polda Sumbar, Syamsi meng­klaim bahwa gedung tersebut dibangun telah sesuai dengan rancangan.

“Bangunan ini sudah kita rancang sedemikian rupa, ba­ngunan yang tahan gempa dan juga mempunyai selter sebagai tem­pat mengungsi jika terjadinya gempa. Untuk fasilitas, untuk saat ini saya rasa sudah cukup,” ujarnya.

Pantauan Haluan satu hari sebelum peresmian, telah terlihat tenda dengan ratusan kursi yang berjejer persis di samping pos jaga Polda dan beberapa pekerja juga sudah merapikan sisa kerjaan, walau masih terlihat masih ada yang bekerja pada bagian sisi depan bangunan.

Selain peresmian, dua hari sebelumnya Polda Sumbar juga melakukan acara syukuran di Gedung Polda Sumbar yang baru. Kegiatan ini sendiri merupakan kegiatan internal Polda Sumbar yang  dipimpin oleh Kapolda Sumbar, Brigjend Pol Basarudin.

“Sebagai wujud syukur atas dibangunnya gedung Polda Sumbar,  kami melakukan acara syukuran yang hanya dihadiri oleh internal Polda Sumbar sendiri,” tutupnya.

Seperti diketahui, pada tahun 2009 Kota Padang dihantam gempa, sehingga be­berapa rua­ngan Gedung Ma­polda Sumbar mengalami keru­sa­kan parah. Kemudian pada tahun 2011, baru dimulai pe­kerjaan bangunan baru dengan anggaran Rp50 miliar dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dana tersebut tidak men­cukupi, hanya sampai kerang­kanya dan pondasi saja, sehingga bangunan tersebut terbengkalai selama tiga tahun.

Ketika Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto men­jabat sebagai Kapolda Sumbar pada Maret 2014, baru mulai berusaha dan melakukan lobi di Jakarta, mulai dari DPR, Bap­penas, Mabes Polri hingga Ke­menterian Ke­uangan, untuk me­na­nyakan ke­lanjutan pemba­ngunan Polda Sumbar.

Alhasil pada tahun 2015, Bappenas mengalokasikan dana pembangunan Polda Sumbar sebesar Rp111 miliar yang dipos­kan pada anggaran DIPA (Daftar Isian Penggunaan Anggaran) Polri. (h/mg-adl)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]