Menjadi Duta Kota Pariaman

Empat Kades Bersaing Ketat


Rabu, 16 Maret 2016 - 11:40:47 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Sebanyak empat orang Kepala Desa di Kota Pariaman bersaing untuk menjadi yang terbaik pada lomba Kepala Desa berkompetensi tingkat Kota Pariaman. Pemenannya akan menjadi duta ke lomba tingkat provinsi Sumbar.

Empat orang Kepala tersebut adalah, Kepala Desa Jati Mudiak utusan dari Kecamatan Pariaman Tengah, Kepala Desa Sika­pak Timur utusan dari Ke­ca­matan Pariaman Utara, Kepala Desa Palak Aneh utusan dari Kecamatan Pa­ria­man Selatan dan Kepala Desa Cubadak Mentawai utusan Kecamatan Paria­man Timur.

Tim juri lomba kepala desa berkompetensi terdiri dari pamong senior, unsur tokoh agama, tokoh adat dan budaya, wartawan dan Ke­­pala Badan Pem­ber­da­ya­an Masyarakat dan Peme­rin­tahan Desa (BPMPD) ser­ta beberapa orang staf­nya.

Ketua tim juri peni­lai­an lomba Kepala Desa ber­kom­petensi tingkat Kota Pariaman, Asdi Syarif saat akan melakukan penilaian menyebutkan, dalam peni­lai­an lomba kepala desa ini ada beberapa aspek peni­laian yang dilakukan, perta­ma di bidang peme­rin­tahan, bidang pem­ber­dayaan ma­sya­rakat, bidang ekonomi dan pengentasan kemis­ki­nan serta aspek pengem­bangan adat dan budaya.

Katanya, dalam peni­laian itu sejauh mana se­orang kepala desa men­jalankan roda peme­rin­ta­han, kalau memang semua berjalan bagus, tentu se­orang kepala desa itu bisa memenangkan lomba ini. “Kepala desa yang dinilai ini adalah yang telah menjadi juara pada tingkat ke­ca­matan, jadi ada empat ke­pala desa yang dinilai dari empat kecamatan yang ada di Kota Pariaman ini,” ujar Asdi Syarif.

Dia menjelaskan, untuk pertama tim juri telah me­la­kukan penilaian Senin kemarin terhadap Kepala Desa Sikapak Timur, dan Selasa (15/3) Kepala Desa Palak Aneh serta Kepala Desa Cubadak Mentawai. Untuk Kepala Desa Jati Mudiak belum ada dila­kukan penilaian, karena yang bersangkutan belum bisa mengikuti pada jadwal yang telah ditentukan, hal ini disebabkan ada halangan.

Sementara itu, Kepala BPMPD Kota Pariaman, Lanefi melalui Sekretaris BPMPD, M. Nurdin me­ngatakan, lomba kepala desa berkompetensi tingkat Kota Pariaman ini tetap dilakukan setiap tahun.

Ja­di, bagi yang menang untuk tingkat Kota Pa­ria­man ia akan mewakili un­tuk lomba kepala desa ber­­­kom­petensi tingkat Su­­ma­tera Barat nan­tinya. Dan untuk pemenang pada lomba ke­pala desa ber­kompetensi tingkat Kota Pariaman ini belum dike­tahui, karena tim penilai akan melakukan rapat hari Rabu ini. (h/bus)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]