Sumbar Butuh 600 Lagi Polisi Hutan


Rabu, 16 Maret 2016 - 13:56:45 WIB
Sumbar Butuh 600 Lagi Polisi Hutan

PADANG, HALUAN — Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar membutuhkan tambahan 600 polisi hutan. Namun, moratorium yang dilakukan pemerintah pusat membuat terganjalnya penambahan tersebut.

Kepala Dinas Kehutanan Pemprov Sumbar, Hendri Oktavia kepada media Selasa (15/3) menuturkan, pihaknya telah mengajukan penam­bahan polisi hutan ke gubernur pada tahun lalu sebanyak 400 orang. Dengan perbandingan satu orang polisi hutan untuk 5 ha lahan hutan yang ada.

Baca Juga : Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Padang, Pasien dan Keluarga di RSUP M Djamil Berhamburan

“Namun, setelah dihitung kembali kita butuh 600 atau dengan kata lain penambahan 200 orang tahun ini dibanding pengajuan tahun lalu. Ini dengan pertimbangan luas hutan Sumbar 2,7 juta ha,” ungkapnya usai acara komunikasi multipihak dalam rangka pendampingan pengelolaan Hutan Adat di Pangeran Beach Hotel.

Polisi hutan yang ada saat ini hanya berjumlah 150 orang yang aktif dengan pengurangan setiap tahunnya enam sampai tujuh orang. “Polisi hutan kita terus berkurang setiap tahunnya tapi penambahan tidak ada,” ungkapnya.

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan SK Pengangkatan bagi 112 P3K di Lingkungan Pemko Padang Formasi 2019

Hendri mengaku juga telah mengkonfirmasi masalah ini kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, namun pihak BKD menjelaskan memang tidak ada penerimaan CPNS tahun 2016.

“Kita tentu berharap agar ada penambahan, untuk memberikan pelindungan dan pengawasan hutan dari tindakan yang merusak hutan,” ujarnya.

Baca Juga : 112 Orang Terima SK Pengangkatan di Lingkungan Pemko Padang, Terbanyak Formasi Guru

Dilanjutkan Hendri, saat ini polisi hutan yang ada di Sumbar masih terkotak-kotak di kabupaten/kota. “Ke depan dengan penarikan konkuren  kewe­nangan ini bisa satu komando. Tidak seperti saat ini,” ungkapnya. Sementara untuk menutupi kekurangan polisi hutan di Sumbar pihak Dinas Kehutanan juga akan memberdayakan masyarakat. Namun, ini masih dalam kajian seperti apa koordinasinya nanti. “Kita akan libatkan swadaya masyarakat untuk menjaga hutan ini ke depan,” tuturnya.

Terkait dengan pembukaan CPNS tahun ini, BKD Sumbar menyebutkan belum menerima surat resmi dari Kementerian PAN RB. “Belum ada informasi tentang CPNS tahun ini. Tapi kita tetap memantau informasinya, mengingat kita juga butuh penambahan PNS tahun ini,” jelas Kepala BKD Sumbar, Jayadisman kepada Haluan kemarin. (h/Isr)

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 05 Maret 2021

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]