Kampung KB Disambut Positif


Rabu, 16 Maret 2016 - 14:15:21 WIB
Kampung KB Disambut Positif BKKBN sumbar meresmikan Gasan Gadang Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (15/3) sebagai kampung KB. Kegiatan ini dihadiri langsung Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

PADANG, HALUAN — Sam­butan pemerintah daerah dan masyarakat terhadap pem­bentukan Kampung Keluarga Berencana (KB) tampaknya cukup positif, hal tersebut dapat dilihat dari jumlah kam­pung KB yang telah diresmikan mencapai angka 40. Artinya, angka ini melampaui dari yang di­targetkan oleh BKKBN Sum­bar yakni 19.

Kepala BKKBN Sumbar H Nofrijal MA mengatakan, dari target yang direncanakan hanya satu kampung KB per kabu­paten kota. Namun sambutan baik dari bupati dan walikota serta masyarakatnya yang juga berkeinginan memajukan dae­rahnya juga meresmikan kam­pung KB.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Selasa 09 Maret 2021

“Angkanya hampir men­capai 40, dan ini sudah hampir menyeluruh di kabupaten kota. Mungkin hanya tinggal seba­gian kecil kabupaten kota lagi yang belum punya kampung kb,” ungkap Nofrijal yang juga pernah menduduki jabatan Direktur Hubungan Luar Ne­geri di BKKBN Pusat usai men­ghadiri acara peresmian kam­pung KB di Gasan Gadang Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (15/3).

Ia mengatakan, untuk kri­teria daerah yang dipilih untuk dicanagkan kampung KB ini ada beberapa kriteria diantaranya, dilihat secara geografis dan demografis. Artinya masya­rakatnya masih belum banyak yang berKB, tingkat pendidikan yang masih dibawah rata-rata, daerah yang jauh dari pelayanan dan beberapa hal lainnya.

Baca Juga : Pantai Air Manis Padang Masih Lengang, Omset Pedagang Anjlok

“Kawasan Gasan ini sebe­lumnya adalah kawasan trans­migrasi, makanya kami ingin membenahi daerah ini untuk dijadikan model bagi daerah lainnya dan sebagai contoh juga untuk partisipasi KB ma­sya­rakatnya,” ulasnya.

Deputi Litbang BKKBN Pusat Dr Sanjoyo mengatakan, melalui pencananangan kam­pung KB ini akan dapat men­jangkau dan mengemakan se­mua program BKKBN ke se­luruh wilayah terpencil yang ada. Berbagai kegiatan yang ada di dalam setiap programnya, sesuai dengan nawacita yakni untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, melakukan revolusi mental untuk ma­syarakat, dan pembangunan ekonomi masyarakat. 

Baca Juga : Demam Tanaman Hias di Padang Terus Meluas

“Mendagri sudah me­nu­runkan surat untuk pe­merintah daerah agar melakukan pem­bentukan kampung KB, seti­dak-tidaknya disetiap kabu­paten kota ada satu. Hal ini dilakukan agar program KB lebih dirasakan oleh ma­sya­rakat Sumbar khususnya paria­man, dan kita juga berharap agar Pemprov dan Pemda su­paya memberikan dukungan sepenuhnya untuk kelancaran program ini,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gu­bernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan pencanangan kam­pung KB hakekatnya adalah membangun kesadaran ber­sama atas perencanaan kehi­du­pan yang sehat dan sejahtera yang digelorakan dari ping­giran. Dari daerah-daerah yang relatif selama ini tidak terjangkau secara optimal, untuk bisa sejajar dan maju sejajar dengan daerah lainnya.

Baca Juga : Terancam Abrasi, Masjid Al-Hakim Padang Dipasang Batu Pemecah Ombak

“Kita tidak dapat pungkiri, daerah “legok” atau wilayah dengan kesenjangan intervensi pembangunan masih kita m­i­liki di Sumbar. Dengan de­mi­kian salah satu tugas pem­bangunan nasional adalah me­wujudkan pemerataan pem­bangunan dan hasilnya,” ujar mantan Bupati Pesisir Selatan ini.

Ia berharap dengan dica­nangkannya kampung KB ini, akan menimbulkan banyak hal diantaranya akan me­ngi­ngat­kan pada seluruh warga bahwa pe­renc­anaan hidup sehat dan sejahtera harus dilakukan dari lingkup keluarga, dapat me­mastikan setiap keluarga dapat dijangkau dalam pelayanan kependudukan, mengingatkan juga bahwa pem­bangunan ka­rakter SDM yang berkualitas memang dimulai dari internal keluarga.

“Selain itu, juga memberi sinyal yang kuat bahwa koor­dinasi keterpaduan, dan kon­sis­tensi dalam pembangunan kesejahteraan amatlah penting dan dapat mengefektifkan se­tiap langkah yang kita la­ku­kan,” ujarnya. (h/rin)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]