Bupati Berharap Pengurusan Administrasi di Nagari Gratis


Kamis, 17 Maret 2016 - 03:32:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PASBAR, HALUAN — Ka­rena sudah memiliki ang­garan yang cukup besar, Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran mengharapkan pengurusan administrasi di nagari bagi masyarakat yang kurang mampu digratiskan.

Tidak dipungut biaya sedikitpun  baik itu pengu­rusan surat kemiskinan, surat pindah ataupun peng­urusan administrasi lainnya yang ada pada tingkpat Pe­merintahan Nagari.

“Anggaran masing-ma­sing nagari di Pasaman Ba­rat luar biasa besarnya. Empat hingga lima miliar. Kita harap, pelayanan pen­duduk di kantor walinagari bisa gratis,” kata Bupati Syahiran, pada Rakor Wa­linagari dan Kepala Jorong se-Pasaman Barat beberapa waktu lalu di Balerong Pu­sako Anak Nagari, Pasaman Baru.

Katanya, dengan peng­ratisan tersebut akan sangat membantu masyarakat na­gari, terutama dari keluarga kurang mampu. Sehingga, dengan demikian pula, akan semakin menggenjot kepa­tuhan masyarakat dalam mengurus administrasi war­ga untuk kepemerintahan.

Bupati juga meng­him­bau mayarakat  untuk sela­lu mengawasi kerja  para Wali Nagari dan Kepala Jorong. Jika ada di antara yang menyimpang dari tang­gung jawab yang telah di amanahkan terutama me­nyangkut kebutuhan hidup masyarakat, seperti pem­berian raskin agar dila­por­kan.

“Laporkan kepada ka­mi,  kita akan berhentikan Wali Nagari dan Kepala jorong yang terlibat dengan skandal seperti itu”ujar Syahiran.

Sebab kata Bupati,  Wa­li­nagari   harus bisa men­jadi pengambil keputusan yang baik dan tersistem dengan peraturan serta ke­bijakan pimpinan. Hal ini sangatlah penting karena Ia menginginkan 19 wali nagari dapat mengemban amanah dari rakyat untuk benar-benar membangun dae­rah­nya masing-masing. Wali Nagari Kepala Jorong di­minta untuk melakukan percepatan pembangunan di nagarinya. 

Karena ini merupakan momen yang penting de­ngan dana yang sebesar itu seorang Wali Nagari dan Kepala Jorong dapat ber­buat banyak dan terbaik bagi masyarakat di naga­rinya masing-masing.

Sementara itu Kepala bagian Pemerintahan Na­gari,  Yonisal mengatakan, akan mengoptimalkan pe­lak­sanaan tugas pokok dan fungsi Pemerintahan Nagari dalam menjalankan tugas pemerintahan terutama da­lam percepatan pemba­ngu­nan untuk masyarakatan dan pelayanan publik mak­simal Pemerintahan Na­gari. Hal itu agar lebih ter­arah dan selaras dengan program dan kegiatan Pe­me­rintahan Daerah Kabu­paten.

“Dengan adanya dana yang cukup besar ini mari ki­ta selenggarakan dengan ca­ra yang tepat dan taat atu­ran, jangan sampai nanti ki­ta terjebak pada pe­nyim­pa­ngan yang menjadi temu­an oleh Badan Pemeriksa Ke­uangan,” katanya. (h/dka)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM