Gerakan PSN Disosialisasikan


Kamis, 17 Maret 2016 - 03:35:01 WIB
Gerakan PSN Disosialisasikan

PADANG PARIAMAN, HALUAN —  Menyikapi mewabahnya penyakit De­mam Berdarah (DBD) di berbagai daerah, Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhi meminta jajaran di­nas kesehatan untuk mela­kukan sosialisasi dan gera­kan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Kita ketahui minggu ini ada dua orang pelajar di Kota Padang meninggal dunia akibat DBD. Kita harus antisipasi supaya ke­jadian serupa tidak terjadi di Padangpariaman” kata Bupati Ali Mukhni yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara, Senin (14/3) di IKK Paritmalintang

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Selain Sosialisasi, Kata Ali Mukhni, ia meminta seluruh puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan dengan meli­batkan camat, wali nagari, bidan desa dan para kader posyandu juga terlibat dalam dalam ke­giatan PSN secara langsung dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Padang Pa­ria­man. Gerakan PSN dila­kukan secara serentak de­ngan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk membe­rantas sarang nya­muk dengan melakukan 3 M plus. Dian­taranya Mengu­ras, Menutup dan Mengu­bur serta mendaur ulang/memanfaatkan barang ba­rang bekas agar tidak men­jadi tempat berkembang biak­nya jentik nyamuk Ae­des Aegpty. “Berbagai ke­giatan dan langkah nyata dilakukan untuk mencegah dan mem­berantas DBD” kata Peraih Kabupaten Se­hat 2015 itu.

Sementara itu Kepala Dinas  Kesehatan Padang Pariaman, Aspinuddin me­nya­takan, telah melakukan sosialisasi cara-cara agar terhindar dari gigitan nya­muk  Aedes aegypti yaitu, dengan mensterilkan rumah atau lingkungan dengan penyemprotan pembasmi nyamuk (fogging), mem­bersihkan bak mandi dan menaburkan serbuk abate agar jentik-jentik nyamuk mati. (h/ded)

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]