Komisi IV akan Panggil Kadinkes

Puskesmas Sungai Asam Terbengkalai


Kamis, 17 Maret 2016 - 03:36:22 WIB
Puskesmas Sungai Asam Terbengkalai Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang Pariaman, Dwiwarman (pakai topi) yang didampingi Sekretaris komisi IV, M. Defriadi saat melihat kondisi pembangunan Puskesmas di Korong Sungai Asam, Nagari Sungai Asam, Kecamatan Enam Lingkuang yang terbengkalai. (BUSTANUL ARIFIN)

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang Pariaman akan memanggil Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Padang Pariaman. Karena masih banyak kenirja dinas tersebut yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Salah satunya terbeng­kalainya pembangunan Pus­kesmas di Korong Sungai Asam, Kenagarian Sungai Asam, Kecamatan 2 X II Enam Lingkuang.

Baca Juga : DLH Kabupaten Pessel: Kepekaan Siswa Secara Dini Terhadap Ancaman Lingkungan Perlu Dilakukan

Dengan tidak selesainya pembangunan Puskesmas tersebut, Komisi IV DPRD Padang Pariaman langsung turun melihat kondisi ba­ngunan, kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Ke­tua Komisi IV, Dwiwarman yang di dampingi wakil ke­tua, Hasan Basri, sekretaris M. Defriadi Dt Rky Basa, dan anggotanya Bastian Desa Putra, Rosman, Happy Naldy, Kamarsam, Hen­drawati, Desril.

Ketua Komisi IV DPRD Padang Pariaman, Dwi­war­man yang didampingi Sek­retarisnya M. Defriadi kepa­da Haluan saat melakukan kunjungan Jum’at pekan lalu menyebutkan, setelah dilakukan kunjungan lapa­ngan, memang pemba­ngu­nan Puskesmas di Keca­matan 2 X II Enam Ling­kuang itu masih terbeng­kalai yang ditinggalkan oleh pekerja. “Jadi, dengan kon­disi banguan yang tidak siap ini, kami komisi akan me­manggil kepala Dinas Kese­hatan Padang Pariaman un­tuk diminta keterangannya terkait dengan pem­bangu­nan Puskesmas ini,” ujar Dwiwarman yang didam­pingi oleh M. Defriadi.

Baca Juga : Personel Polri dan ASN Polres Agam Jalani Vaksinasi Covid-19

Dia menjelaskan, kalau kondisi ini dibiarkan ber­larut-larut tentu akan meru­gikan negara dan masya­rakat, karena banguan yang akan dibangun bertingkat dua itu tentu sangat dibu­tuhkan masyarakat untuk melayani tentang kesehatan. “Kalau kesalahan ini terjadi disebabkan oleh pihak dinas kesehatan, maka kami akan memanggilnya untuk mem­pertanggungjawabannya,” terangnya.

Dan lagi tegasnya, da­lam tinjauan kami dilapa­ngan banyak yang tidak beres dalam pelaksanaan. “Kalau kami mendapatkan bukti, kenapa pengerjaan pembangunan ini terhenti, maka kami akan meminta dan merekomendasikan ke­pa­da Bupati Padang Pari­aman untuk menganti se­cepatnya kepala dinas ke­sehatan, karena seorang kepala dinas itu harus mam­pu dan bisa bekerja dengan baik untuk kepentingan masyarakat,” tegas Dwi­warman yang diamini oleh M. Defriadi.

Baca Juga : Pemkab Agam Seleksi Kafilah Menjelang MTQN Sumbar ke-39

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kese­hatan (Yankes) Dinkes Syai­ful Bahri selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan pembangunan ge­dung puskesmas kepada rombongan Komisi IV DP­RD Padang Pariaman me­nyebutkan, pada tahun ang­garan 2015 Dinkes Padang Pariaman memperoleh ang­garan Rp2,5 miliar dari Kementerian Kesehatan RI untuk pembangunan baru gedung Puskesmas Kam­pung Guci yang pindah lo­kasi ke Sungai Asam.

Namun, hingga tahun berakhir, kegiatan pem­bangunan tersebut tidak selesai hingga batas akhir kontrak 23 Desember, dan dipekirakan pekerjaan ha­nya sekitar 80 persen lebih. “Hal itu terjadi akibat kela­laian rekanan kontraktor pelaksana. Semula rekanan memakai 50 orang tenaga kerja, kemudian dia kurangi menjadi 20 orang. Kami pun membayar sebanyak rea­lisasi pekerjaan dan rekanan itu kami beri sanksi berupa pemutusan kontrak serta blacklist,” ujar Syaiful. (h/bus)

Baca Juga : Minimalisir Penggelapan Aset Daerah, Pemkab Pessel Lakukan Inventarisasi Secara Berkala

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]