Ramlan Nurmatias: Peran LKAAM Sangat Penting


Kamis, 17 Maret 2016 - 03:40:18 WIB
Ramlan Nurmatias: Peran LKAAM Sangat Penting PENGURUS LKAAM Bukittinggi foto bersama dengan walikota usai pertemuan. (RUDI GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN — Lem­baga Kerapatan Adat Alam Minang Kabau (LKAAM) merupakan suatu lembaga yang memiliki peran sangat penting ditengah tengah masyarakat. Keberadaan LKAAM hendaknya bisa mengayomi anak kemenakan guna mempertahankan dan melestarikan adat dan budaya.

“LKAAM harus memiliki komit­men untuk kemajuan anak keman­a­kan. Adat Istiadat dan budaya harus dipertahankan ditengah tengah mas­yarakat mengingat arus globalisasi dan modrenisasi yang ada saat ini,” ujar Walikota Bukittinggi, Ramlan Nur­matias ketika menerima kunjungan Pengurus LKAAM Kota Bukittinggi diruang kerjanya, Selasa (15/3).

Baca Juga : Polres Agam Beri Sanksi 8 Orang Karena Langgar Prokes

Menurut Ramlan, LKAAM harus bisa menampakan perannya didalam kelembagaan.Sehingga masyarakat mengetahui apa itu LKAAM, apa tugas dan fungsi LKAAM. Apa saja program yang dilakukan dan dalam hal apa LKAAM  bergerak. Dan peran LKA AM harus lebih kuat dan me­ngakar di­te­ngah masyarakat. Sebab, setiap lemb­aga itu punya fungsi tapi bagaimana me­letakkan fungsi tersebut pada tempatnya.

“Pemko Bukittinggi akan selalu memberikan perhatian dan beker­jasama dengan LKAAM dalam me­wujudkan Adat Basandi Syarak, Sya­rak Basandi Kitabullah. Peran dan fungsi LKAAM dalam pelestarian nilai adat dan budaya Minangkabau akan terus kita dukung,” ungkapnya.

Baca Juga : Sempat Tertutup Longsor, Ruas Jalan Provinsi di Agam Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Sementara Ketua LKAAM Kota Bukittinggi Dt Maruhun mengatakan, pertemuan yang dilakukan pengurus LKAAM Kota Bukittinggi dengan Walikota tersebut dalam rangka me­minta pendapat dan arahan dari wali­kota untuk menghadiri Musya­warah Besar (Mubes) LKAAM se Propinsi Sumbar yang akan dilaksa­nakan pada tanggal 17-18 Maret mendatang di Hotel Bumi Minang Padang.

Dari pertemuan yang dilakukan ungkapnya, walikota sangat merespon positif keikutsertaan LKAAM Bu­kittinggi untuk ikut Mubes tersebut. Walikota juga mengharapakan utusan LKAAM Bukittinggi dapat memilih Ketua dan Pengurus LKAAM Propinsi sesuai dengan yang diharapkan.

Baca Juga : Bank Nagari Cabang Painan Dorong Percepatan Pembangunan Bidang Pariwisata Melalui Aplikasi E-Retribusi

Dalam peretmuan itu juga turut hadir Sekretaris LKAAM Datuak Kayo, Wakil Ketua Datuak Palimo Dan Datuak Limbago Sati, Bendahara Datuak Parpatiah, Ketua LKAAM Kecamatan Guguak Panjang Datuak Pado Basa, ketua LKAAM Keamatan MKS Datuak Nan Basa, Ketua LKAAM Kecamatan ABTB Datuak Pono Dan Didampingi kabag kesra Drs. Iskandar. (h/tot)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]