Hingga Akhir 2016

Seluruh Warga Harus Miliki e-KTP


Kamis, 17 Maret 2016 - 03:43:39 WIB
Seluruh Warga Harus Miliki e-KTP

BATUSANGKAR,HALUAN Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi meminta warga di daerah ini sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik pada akhir 2016.

“Target kita pada tahun 2016 seluruh masyarakat wajib KTP elektronik sudah terealisasi, karena tahun depan masuk program baru dimana anak-anak sejak lahir sampai berumur 17 tahun diberikan kartu identitas anak”, kata Bupati Irdinansyah saat membuka Musrenbang Kecamatan Salimpaung, Selasa 15/3.

Baca Juga : Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH Sambut Aspirasi Masyarakat Campago Barat

Bupati menyebut untuk mencapai target tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanah Datar terus mela­kukan pelayanan keliling penerbitan dokumen kependudukan langsung ke masyarakat yang ada di nagari.

“Penerbitan dokumen kepen­du­dukan dilakukan di lokasi layanan keliling yaitu di jorong-jorong (dusun) dalam nagari (desa adat),” katanya.

Baca Juga : Agar Tepat Sasaran, Dinsos Pessel Mutakhirkan Data Fakir Miskin

Irdinansyah menjelaskan pelayanan ini sebagai upaya memberikan kemu­dahan bagi masyarakat yang mem­butuhkan dokumen kependudukan seperti kartu keluarga (KK), KTP elektronik, akta kelahiran dan akta kematian, perekaman data, serta pem­baruan data penduduk.

“Pemerintah daerah berupaya men­jemput bola ke masyarakat dan pro­sesnya langsung di lokasi sehingga masyarakat tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengurus dokumen yang dibutuhkannya,” katanya.

Baca Juga : Aset KPN Agam Capai Rp39 Miliar Lebih, Andri Warman: Beri Kebaikan Untuk Seluruh Anggota

Sementara itu, Sekretaris Dis­duk­capil Tanah Datar Edi Susanto menga­takan pihaknya berusaha mengop­timalkan penggunaan mobil layanan keliling sehingga mampu menjangkau masyarakat yang berada di nagari terpen­cil.

“Penerbitan dokumen kepen­dudu­kan kami lakukan secara online dengan server dinas sehingga bisa langsung diterbitkan atau dicetak di lokasi layanan keliling,” katanya.Pelayanan secara online ini sangat tergantung dengan jaringan internet yang tersedia di lokasi pelayanan, jika jaringan bagus maka pelayanan dapat dilakukan dengan cepat dan lancar. (h/emz)

Baca Juga : Ratusan Hektare Sawah di Campago Barat Terancam Kekeringan

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]