Bupati Ajak Masyarakat Sukseskan Pembangunan


Kamis, 17 Maret 2016 - 03:44:21 WIB
Bupati Ajak Masyarakat Sukseskan Pembangunan Bupati H.Irdinansyah Tarmizi memukul gong saat membuka Musrenbang Kecamatan Lintau Buo Utara. (EMRIZAL)

LINTAU BUO UTARA,HALUAN — Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengajak masyarakat bahu membahu mensukseskan beban berat pembangunan, dalam memajukan wilayah Kabupaten Tanah Datar Luhak nan Tuo ke depannya.

“Marilah kita bekerja sa­ma saling bahu membahu dalam berbagai sektor pem­bangunan untuk merubah corak ragam kegiatan pem­bangunan wilayah Kabupaten Tanah Datar ke depan yang lebih maju,” tutur Bupati di halaman kantor Camat Lintau Buo Utara Kamis (10/3).

Baca Juga : Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH Sambut Aspirasi Masyarakat Campago Barat

Kunjungan kerja ini bersa­maan dengan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Lintau Buo Utara sebagai rangkaian proses pe­rencanaan pembangunan da­erah yang berjenjang. turut dihadiri sebagian anggota DPRD Tanah Datar daerah pemilihan III  Istiqlal, Asrul Jusan dan Eri Hendri.

Camat Lintau Buo Utara Suripto dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan kepala daerah, anggota DPRD, ke­pala SKPD, Forkopinca, Ke­pala UPT, Kepala sekolah, Wali Nagari, LKAAM, BP­RN, MUI, niniak mamak, alim ulama, bundo kanduang, cadiak pandai dan tokoh ma­syarakat.

Baca Juga : Agar Tepat Sasaran, Dinsos Pessel Mutakhirkan Data Fakir Miskin

Suripto memaparkan se­kilas kondisi umum ke­ca­matan Lintau Buo Utara se­cara administrasi, kondisi geografis, kondisi demografis, luas wilayah dan batas, or­bitasi, sarana dan prasarana, kondisi ketentraman dan kea­manan  serta potensi keca­matan Lintau Buo Utara.

Potensi Kematan Lintau Buo Utara terdiri dari, sumber daya air, dengan pemanfaatan Batang Sinamar untuk sumber air irigasi pertanian dan peri­kanan serta pemanfaatan air Batang Sinamar untuk pem­bangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PL­TMH) yang sedang dalam pengerjaan oleh investor.

Baca Juga : Aset KPN Agam Capai Rp39 Miliar Lebih, Andri Warman: Beri Kebaikan Untuk Seluruh Anggota

Di samping pemanfaatan sumber air yang melimpah, Lintau Buo Utara juga me­miliki potensi pertambangan dan pariwisata yang butuh perhatian khusus ke de­pan­nya.

Dalam sambutan anggota DPRD Dapil III yang diwakili Istiqlal menyampaikan hara­pannya agar dalam musren­bang nantinya jangan men­dahulukan kepentingan tapi dahulukan kebutuhan serta jangan kita terfokus pada pembangunan infrastruktur.

Baca Juga : Ratusan Hektare Sawah di Campago Barat Terancam Kekeringan

Bupati Irdinansyah me­nyam­paikan beberapa poin penting di antaranya, mus­renbang kecamatan. “Mus­renbang merupakan rang­kaian program kerja yang penting, untuk itu mari kita ikuti bersama dengan baik agar proses yang berjenjang ini dapat terangkul semua,” kata Bupati.

Pelaksanaan musrenbang  merupakan mendiskusikan prioritas pembangunan  yang bersifat infrastruktur maupun non fisik untuk dibiayai AP­BD Kababupaten, Provinsi maupun APBN. “Untuk me­nyikapi itu kita harus mendata serta meletakkan rencana pembangunan ini dengan ska­la prioritas yang matang,” ungkap bupati.

Harapan bupati kepada seluruh instansi pemerintah daerah dapat bekerjasama dengan komponen DPRD, Nagari dan masyarakat baik yang ada di perantauan mau­pun di kampung halaman sehingga Tanah Datar dapat menjadi Kabupaten yang lebih baik lagi untuk itu tak salah kita bangun Tanah Datar de­ngan semboyan Basamo Mang­ko Manjadi.

Kabupaten Tanah Datar memiliki 7 pintu masuk se­hingga banyak sekali kemung­kinan hal-hal negatif yang kita kuatirkan bersama bisa ma­suk, untuk itu mari kita ben­tengi generasi muda dengan kegiatan sosial, olahraga, keagamaan dan  kegiatan positif lainnya sehingga waktu dan energi mereka dapat ter­salurkan dengan baik.

Sebelum memukul gong tanda dilaksanakannya Mus­renbang Kecamatan Lintau Buo Utara, Bupati menyam­paikan sebuah rencana kerja yang cukup inovatif, yakni Bupati dan Wakil Bupati akan berkantor 1 hari  dalam 1 minggu di kantor wali nagari secara bergiliran di 75 nagari.

Rencana kepala daerah ini merupakan upaya dalam me­ningkatkan pelayanan lang­sung kepada masyarakat Ta­nah Datar dan secara lang­sung kepala daerah dapat melihat  kondisi nyata di lapangan demi membangun Tanah Datar. (h/emz) 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]